PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP RUANG LINGKUP BIOLOGI

MUHAMMAD FAIZAL NAZIR, 115040158 (2016) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP RUANG LINGKUP BIOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER ISAL.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 1. ABSTRAK isal INA.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.1 ABSTRACT ENG.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 isal.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II isal.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka isal.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui metode Problem Based Learning (PBL) pada konsep Ruang Lingkup Biologi. Pada proses pembelajaran kurang begitu efektif dengan hanya menyuruh siswa mendengarkan konsep pelajaran dari guru saja, sehingga cenderung membuat siswa tidak serius disaat pembelajaran berlangsung dan konsep tidak tersampaikan kepada mereka sehigga mereka kurang menguasai konsep pembelajaran. Skripsi ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen yaitu penelitian yang mendekati percobaan sungguhan dimana tidak mungkin mengadakan kelas kontrol dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pasawahan kabupaten Purwakarta dengan sampel satu kelas yaitu kelas X 3. Pengambilan sampel ditentukan melalui metode purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 20 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan pencapaian indikator pembelajaran yang sudah diujicobakan sebelumnya. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 38,87 dan nilai rata-rata posttest sebesar 78,1. Hasil analisis tes dilanjutkan dengan menggunakan uji t didapatkan hasil dengan thitung = 13,89 dan ttabel = 2,66, sehingga diperoleh thitung (13,89) > ttabel (2,66) dengan taraf signifikasi α=0,01. Dari kriteria tersebut maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Maka dapat dikatakan terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode Problem Based Leraning (PBL) pada konsep Ruang Lingkup Biologi sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Kata Kunci: Metode Problem Based Leraning (PBL), Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 20 Sep 2016 14:47
Last Modified: 20 Sep 2016 14:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12233

Actions (login required)

View Item View Item