Pengaruh Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMA Pasundan 2 Kota CIMAHI

Rama Dimangyang Warass, 125020079 (2016) Pengaruh Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMA Pasundan 2 Kota CIMAHI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Pasundan 2 Kota Cimahi, dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan dengan sesudah diberi perlakuan pada saat posttest dan untuk mengetahui apakah media pembelajaran microsoft powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Pasundan 2 Kota Cimahi. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya adalah media pembelajaran yang diterapkan guru di dalam kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, bentuk desain Quasi Eksperimen yang dipilih adalah Non-equivalent Control Group Design, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dengan jumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah 28 orang sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil posttest yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 87,14 untuk kelas eksperimen, dan 73,03 untuk kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan di atas didapatkan thitung= 6,689 sedangkan ttabel= 2,055. Sehingga bila dimasukkan pada rumus hipotesis thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara kelas XI IPS 2 yang menggunakan media pembelajaran microsoft powerpoint dengan siswa kelas XI IPS 1 yang tidak menggunakan media pembelajaran microsoft powerpoint. Dari hasil penelitian merekomendasikan pembelajaran dengan media pembelajaran microsoft powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran akuntansi khususnya pada materi Akuntansi Perusahaan Jasa. Kata kunci : Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 19 Sep 2016 17:23
Last Modified: 19 Sep 2016 17:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12211

Actions (login required)

View Item View Item