PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM-CENTERED LEARNING (PCL)

SAMARA DUISHENOVA, 125050117 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM-CENTERED LEARNING (PCL). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER& LP.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tujuannya adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan model Problem Centered Learning (PCL) dengan siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan model konvensional serta melihat respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model PCL. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester 2 di suatu SMP di Bandung. Desain dari penelitian ini adalah kelompok kontrol pretes-postes yang mengambil dua kelas dari populasi yang untuk dijadikan sampel masing-masing berperan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran di kelas eksperimen dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Problem -Centered Learning (PCL) sedangkan pembelajaran pada kelas kontrol dilakukan dengan menggunakan model konvensional. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diberikan berbentuk pretes dan postes, serta non tes berupa angket, jurnal harian dan lembar observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Problem-Centered Learning (PCL) secara signifikan memiliki peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan model konvensional. Sementara itu, hasil pengolahan instrumen non tes menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap pelaksanaan model pembelajaran Problem-Centered Learning (PCL) dalam pembelajaran matematika. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Problem-Centered Learning (PCL).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 19 Sep 2016 15:32
Last Modified: 19 Sep 2016 15:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12200

Actions (login required)

View Item View Item