MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL )

LUKAS ARISMAN, NPM. 138060078 (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (13kB)
[img] Text
BAB I & II.docx

Download (57kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika dan aktivitas siswa merupakan permasalahan yang menuntut pendidik untuk dapat menciptakan dan menerapkan suatu pendekatan baru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Method) tipe Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan model Problem Based Learning (PBL) yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan aktivitas siswa.. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematik, lembar obeservasi, keaktivan siswa dan , wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL) dapat meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. (2) Penggunaan model pembelajaran problem based learning ( PBL) dapat meningkatkan aktivitas siswa . (3) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran melalui ekspositori (4). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari rata-rata hasil pembelajaran pada setiap siklusnya meningkat dilihat dari data awal penelitian sampai dengan hasil pelaksanaan postes, dan pada pelaksaan setiap siklus, dari siklus 1 , siklus 2 dan siklus 3 ada kenaikan. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL); kemampuan pemecahan masalah; aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 16 Sep 2016 20:55
Last Modified: 16 Sep 2016 20:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12151

Actions (login required)

View Item View Item