PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. KERETA API INDONESIA

Ismail, 122040016 (2016) PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. KERETA API INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi Cover .pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (747kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT Kereta Api Indonesia merupakan perusahaan transportasi jasa yang langsung memberikan pelayanan transportasi darat, yaitu kereta api yang membantu mempelancar aktivitas pelanggan. Untuk perusahaan yang bergerak dibidang transportasi seperti PT. KAI banyak tantangan yang harus dihadapi, yaitu bagaimana langkah-langkah strategi bauran pemasaran jasa yang tepat dan bagaimana memenuhi kepuasan pelanggan. Dalam aktivitas perusahaan PT. KAI, peneliti menemukan beberapa masalah, yaitu: Bauran pemasaran jasa terdiri dari: proccess (proses), people (orang) dan promotion (promosi). Kepuasan pelanggan terdiri dari: dimensi kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan keseluruhan dan konfirmasi harapan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan berupa wawancara, observasi, partisipan, dan penyebaran angket. Di ambil 82.370 populasi, selanjutnya di pilih sampel 100 responden menggunakan metode sampel dengan cara metode Slovin (Sevilla et. al., 1960:182), responden dalam penelitian adalah pelanggan dari PT. Kereta Api Indonesia. Pada tahap analisis data digunakan uji analisis skor tiap variabel, uji validitas, uji reliabilitas, regresi liniear sederhana, koefisien korelasi rank spearman, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Berdasarkan perhitungan diperoleh koefisien korelasi pearson sebesar 0.855 hal ini menunjukkan bahwa pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan pelanggan di PT. Kereta Api Indonesia sangat kuat. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh sebesar 88,5%, sisanya sebesar 11,5% variabel kepuasan pelanggan diberikan oleh faktor-faktor lain yang tidak terindentifikasi. Hambatan yang dihadapi diantaranya sebagai berikut: keterbatasan tenaga kerja khususnya untuk kegiatan bauran pemasaran jasa dan tidak adanya tenaga kerja yang berpengalaman dan mumpunin di bidang pemasaran / promosi Sedangkan usaha yang dilakukan yaitu: PT. KAI berusaha menambah tenaga kerja khususnya di bagian pemasaran dan PT. KAI akan memberikan pelatihan dalam hal strategi promosi dan pemahaman tentang promosi di era modern. Saran-saran yang dapat peneliti kemukakan adalah dalam kegiatan bauran pemasaran jasa PT. Kereta Api Indonesia dapat meningkatkan kegiatan promosi dengan cara: 1) Memberikan edukasi, sosialisasi tentang pemesanan via online itu mudah, 2) PT. KAI diharapkan membuat perencanaan strategi dalam hal bauran pemasaran jasa agar terlihat menarik, maksimal, dan mudah diakses oleh pelanggan dan masyarakat. Untuk hal kepuasan pelanggan PT. KAI seharusnya memberikan pilihan rekomendasi atau rujukan ketika terjadi trouble sesuatu yang tidak diinginkan dan 3) PT. KAI menambah tenaga kerja yang berpengalaman di bagian promosi dengan mengadakan perekutan pegawai baru dari berbagai jurusan seperti Humas, Public Relation, Desain Komunikasi Visual dan lain-lain untuk menambah tenaga promosi. Kata Kunci: Bauran Pemasaran Jasa dan Kepuasan Pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 15 Sep 2016 13:35
Last Modified: 15 Sep 2016 13:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12058

Actions (login required)

View Item View Item