PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

LISA MARIAM, 125030134 (2016) PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrack inggris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I BISMILLAHH.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II BISMILLAH acc 1.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan satu kegiatan yang digunakan seseorang untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam menulis deskripsi, yaitu dengan model student facilitator and explaining, salah satu alat yang membangun cara komunikasi baru yang melibatkan imajinasi dan kreativitas. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) mampukah penulis merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan model student facilitator and explaining?; (2) mampukah siswa menulis karangan deskripsi dengan modelstudent facilitator and explaining?; (3) tepatkah metode student facilitator and explaining digunakan dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi. Penenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis karagan deskripsi dengan model student facilitator and explaining pada siswa kelas VII SMP Pasundan 8 Bandung, mengetahui keefektifan model student facilitator and explaining yang digunakan dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VII SMP Pasundan 8 Bandung Bandung. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran meulis karangan deskripsi dengan model student facilitator and explaining; (2) siswa kelas VII SMP Pasundan 8 Bandung mampumenulis karangan deskripsi; (3) metode student facilitator and explaining efektif digunakan dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VII SMP Pasundan 8 Bandung. Model penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian one group pretest-posttest design, dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis karnagn deskripsi dengan menggunakan model student facilitator and explaining pada siswa kelas VII-B SMP Pasundan 8 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanakan pembelajaran sebesar 3,6. Kemampuan penulis termasuk ke dalam kategori sangat baik (A). 2. Siswa kelas VII-B SMP Pasundan 8 Bandung mampu menulis karangan deskripsi dengan model student facilitator and explaining. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretest yaitu 34,4, sedangkan nilai rata-rata posttest 46,5. Jadi selisih nilai rata-rata prates dan pascates yaitu 12,1. 3. Model student facilitator and explaining efektif digunakan dalam menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VII-B SMP Pasundan 8 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan taraf signifikan perbedaan dua mean antara pretest dengan nilai posttest, diketahui t hitung 4,9 > t tabel 2,04. Kata kunci: Pembelajaran, Menulis Karang Deskripsi dengan Menggunakan Model Student Facilitator and Explaining.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 14 Sep 2016 13:39
Last Modified: 14 Sep 2016 13:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12005

Actions (login required)

View Item View Item