Iin Kartini, NPM. 138060098 (2016) IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK. Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
138060098_Iin Kartini_ok.docx Download (48kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan Problem Solving matematika dan motivasi siswa antara Problem Based Learning dengan pendekatan scientific, Problem Based Learning biasa dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, perbedaan kemampuan Problem Solving matematika dan motivasi belajar siswa antara Problem Based Learning pendekatan scientific dengan Problem Based Learning biasa, perbedaan kemampuan Problem Solving matematika dan motivasi belajar siswa antara Problem Based Learning pendekatan scientific dengan pembelajaran siswa yang menggunakan konvensional, terdapat perbedaan kemampuan Problem Solving matematika dan motivasi belajar siswa anatar Problem Based Learning biasa dengan pembelajaran siswa yang menggunakan konvensional, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix-method. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Karawang dan sampel yang diambil sebanyak dua kelas eksperimen dan satu kelas konvensional. Instrumen penelitian terdiri dari tes, angket, lembar observasi, dan wawancara. Tes yang digunakan adalah tes uraian. Angket berupa skala motivasi menggunakan Skala Likert. Temuan penelitian ini menunjukkan: Terdapat perbedaan kemampuan Problem Solving matematika siswa anatara model pembelajaran PBL biasa sebesar 18%, untuk kelas eksperimen 2 terjadi peningkatan 30% dan pada kelas konvensional terjadi peningkatan 15%. Ini menunjukan perubahan yang tidak jauh nilai persentasenya. PBL dengan pendekatan scientific masih menunjukan perubahan yang lebih tinggi dibanding PBL biasa dan pembelajaran siswa dengan konvensional, Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan motivasi belajar siswa yang menggunakan Problem Based Learning pendekatan scientific, Problem Based Learning biasa dan siswa yang menggunakan pembelajaran secara Konvensional, Terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap kemampuan Problem Solving pada siswa yang menggunakan Problem Based Learning biasa, pada siswa yang menggunakan Problem Based Learning pendekatan scientific dan pada siswa yang menggunakan pembelajaran secara konvensional. Kata Kunci: Problem Based Learning, Problem Solving, motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | S2-Thesis |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 02:46 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 06:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1194 |
Actions (login required)
View Item |