AKSESIBILITAS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLBN-A CITEUREUP KOTA CIMAHI

RAGIL ZULFIKAR SUHENDI, 112020020 (2016) AKSESIBILITAS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLBN-A CITEUREUP KOTA CIMAHI. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
COVER up.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendapatkan gambaran jelas dan meyeluruh agar lebih bisa memahami suatu gejala atau masalah yang akan diteliti, serta berupaya mendapatkan fakta-fakta dan informasi tentang aksesbilitas anak berkebutuhan khusus di SLBN-A Citeureup Kota Cimahi. Untuk mencapai tujuan penelitian dan memperoleh gambaran yang jelas mendalam dari penelitian ini, maka metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan secara kualitatif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian, maka subjek atau informan dalam penelitian ini adalah anak berkebutuhan khusus SLBN-A Citeutreup Kota Cimahi. Informan tersebut berjumlah 6 (enam ) orang yang merupakan siswa-siswi dari SLBN-A Citeureup Kota Cimahi yang masih aktif dalam pendidikan di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1. Obeservasi non partisipan 2. Wawancara mendalam, adapun alat- alat wawancara sebagai berikut, a. Pendoman wawancara b. Rekaman c. Dokumentasi Aksesibilitas merupakan sebuah konsep yang terus berubah dan Aksesbilitas adalah hasil interaksi antara orang yang penyandang disabilitas / mental dengan hambatan perilaku dan lingkungan yang menghambat partisipasi yang penuh dan efektif di tengah masyarakat secara setara dengan orang lain. Anak berkebutuhan khusus adalah Mereka yang secara fisik, psikologis, kognitif, atau social terhambat dalam mencapai tujuan-tujuan / Kebutuhan dan potensinya secara maksimal, meliputi mereka yang tuli, buta, mempunyai gangguan bicara, cacat tubuh, retardasi mental, gangguan emosional. Juga anak-anak yang berbakat, dapat dikatagorikan sebagai anak khusus/ luar biasa, karena memerlukan penanganan yang terlatih dari tenaga profesional. Hasil penelitian mengenai kemampuan mereka dalam aksesbilitas di dalam lembaga dan diluar lembaga, maupun cara mereka mengunakan dan mendapatkan akses pelayanan social maupun sarana dan prasarana anak berkebutuhan khusus dilembaga sudah cukup baik.. Namun untuk dapat menggunakan aksesibilitas anak berkebutuhan khusus masih memerlukan pendampingan dari orang tua maupun guru di sekolah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2015
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 10 Sep 2016 14:15
Last Modified: 10 Sep 2016 14:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11926

Actions (login required)

View Item View Item