M ENINGKAT K AN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN ASMI PADA SUBTEMA PELESTARIAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNIN

SITI JABAL ROHMAH, 125060086 (2016) M ENINGKAT K AN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN ASMI PADA SUBTEMA PELESTARIAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNIN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
00 COVER SKRIPSI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan sikap teliti dan hasil belajar siswa k elas 5 SDN Asmi. Penelitian ini dilatar belakangi keadaan siswa yang belum memiliki sikap teliti dan hasil belajar siswa yang rendah. P enelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan sistem s iklus yang terdiri dari 2 siklus dalam tiap siklusnya terdiri dari 3 pembelajaran, setiap pembelajaran terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan, observasi dan refleks i. Instrumen yang digunakan dal am peneli tian ini adalah tes dan non tes . Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap teliti dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Untuk sikap teliti siklus I kategori baik memperoleh 68%, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 88%. Untuk hasil belajar ranah kognitif, pada siklus I nilai rata – rata hasil belajar siswa adalah 81 dengan per s entase ketuntasan mencapai 84%. Pada sik lus II nilai rata – rata kelas meningkat menjadi 88 dengan per sentase ketuntasan mencapai 96%. Pada siklus I hasi l belajar ranah sikap spiritual kategori baik memperoleh persentase sebesar 32%, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 88% yang telah menc apai kategori baik. Untuk hasil belajar ranah sikap sosial pada siklus I memperoleh persentase sebesar 20% kategori baik, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 80% yang telah mencapai kategori baik. Untuk hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I k ategori baik memperoleh per sentase sebesar 76%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan pencapaian persentase 96%. Adapun h ambatan dalam pembelajaran dengan menggunakan model PBL adalah membutuhkan waktu yang lama dan upaya untuk mengatasi hambatan te rsebut guru harus mengkondisiakn kelas dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model PBL dapat meningkatkan sikap te l iti dan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Asmi pada subtema pelestarian lingkungan. Dengan demikian, penerapan model PBL dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model untuk diterapkan pada pembelajaran subtema pelestarian lingkungan di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Teliti, Hasil belajar, Model PBL, Hambatan, Upaya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 09 Sep 2016 12:59
Last Modified: 09 Sep 2016 12:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11832

Actions (login required)

View Item View Item