PENGARUH STRATEGI MEANS-ENDS ANALYSIS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK KOTA BANDUNG

Nur Amalina, NPM. 148060034 (2016) PENGARUH STRATEGI MEANS-ENDS ANALYSIS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK KOTA BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Nur Amalina MATH.docx

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa menggunakan strategi Means-Ends Analysis. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen di SMK Pekerjaan Umun Negeri Bandung. Populasi pada penelitian ini ada seluruh kelas X, dengan jumlah siswa kelas eksperimen 37 siswa dan kelas kontrol berjumlah 37 siswa. Pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan metode tes dengan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis serta skala kemandirian belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik berupa Independent sample t-test, Uji Mann Whitney, dan Uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan strategi MEA lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensioanal berdasarkan kemampuan awal matematika (KAM) siswa (Tinggi, sedang, dan rendah); (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan strategi MEA lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensioanal berdasarkan kemampuan awal matematika (KAM) siswa (Tinggi, sedang, dan rendah); (3) Kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran MEA lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (4) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah dengan kemampuan komunikasi matematis siswa, terdapat pula korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemandirian belajar, serta terdapat korelasi negating antara kemampuan komunikasi matematis dengan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci : Kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis, kemandirian belajar, Means-Ends Analysis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 08 Sep 2016 19:17
Last Modified: 08 Sep 2016 19:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11822

Actions (login required)

View Item View Item