Herlina Suci Lestari, 1 25020009 (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSION AL DAN M INAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Survey pada Peserta Didik Kelas XI IIS di SMA Negeri 16 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
CAVER SKRIPSI.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDPNESIA.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ENGLISH .pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAK.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Survey pada Peserta Didik Kelas XI IIS di SMA Negeri 16 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016). Dilat a r belakangi oleh kecerdasan emosional dan minat belajar yang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Bertujuan untuk mengungkapkan tentang 1. Untuk mengetahui bagaimana kecerdasan emosional peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA Negeri 16 Bandung , 2. Untuk mengetahui bagaimana minat belajar peserta didik pada mata pelajara ekonomi kelas XI IIS di SMA Negeri 16 Bandung , 3. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA Negeri 16 Bandung , 4. Untuk mengehatui bagaimana pengaruh minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA Negeri 16 Bandung . Metode yang digun akan dalam penelitian ini adalah survey eksplanasi ( explanatory survey ) dengan teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hipotesis penelitian berbunyi “Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajarn Ekonomi Kelas XI IIS di SMA Negeri 16 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016”. dengan menggunakan program SPSS 21 for Windows . Hasil pengolahan data penelitian menunjukan bahwa hasil pengolahan data dengan perhitungan koefisien korelasi berganda didapatkan hasil R sebesar 0,626 yang termasuk kedalam hubungan yang kuat. Korelasi yang terjadi adalah korelasi positif yaitu antara 0,60 - 0,799. Ini menunjukan bahwa, variabel X 1 (kecerdasan emosional), X 2 (minat belajar), mempunyai hubu ngan yang kuat terhadap variabel Y (hasil belajar peserta didik) , koefisien determinasi secara silmutan h asil pengolahan data menunjuka bahwa nilai R 2 sebesar 0,626 atau 39,2 %, hal tersebut menggambarkan bahwa sumbangan kecerdasan emosional dan minat belaj ar terhadap naik turunnya hasil b elajar peserta didik adalah 39,2% dan sisanya sebesar 60,8 % merupakan sumbangan dari variabel lain yang tidak dimasukan dalam model yang diajukan dalam penelitian , sedangkan menggunakan koefisien determinasi secara parsial diperoleh hasil kecerdasan emosional (X 1 ) sebesar 4,65 % dan pengaruh yang paling besar adalah minat belajar (X 2 ) sebesar 2,81 % terhadap hasil belajar peserta didik (Y). Kesimpulan berdasarkan bukti dan hasil penelitian di atas hipotesis penelitian dapat t eruji. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada bagi orang tua maupun guru, guru dan orang tua seharusnya dapat menanampakan nilai - nilai yang baik kepada peserta didik, agar peserta d i dik tersebut juga dapat memiliki karakter yang baik, serta meningkatkan minat belajar peserta didik agar prestasi belajarnya lebih optimal, bagi sekolah se baiknya lebih peka te rhadap kemampuan atau kecerdasan para peserta didik, kebutuhan para peserta didik yang tentunya demi meningkatkan prestasi belajar pe serta didik sehingga dapat dip eroleh lulusan yang berkualitas, bagi peserta didik untuk dapat lebih memahami mengenai etika dan etitut sebagai mahluk sosial dan dapat mengontrol emosi untuk meningkatkan kualitas hidup kelak. Dengan menumbuhkan rasa minat belajar yang tinggi dapat meningkatkan hasil belajar yang optimal, bagi peneliti selanjutnya untuk mengetahui faktor - faktor lain yang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, agar diperoleh berbagai alternatif dalam peningkatan pemahaman pembelaja ran pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 19:14 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 19:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11820 |
Actions (login required)
View Item |