ANALISIS PENJADWALAN PRODUKSI DENGAN METODE NETWORK PLANNING (CRITICAL PATH METHOD) UNTUK MENGEFEKTIFKAN WAKTU PRODUKSI PYLON A320 PADA PROGRAM SPIRIT AEROSYSTEMS PT. DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO)

Fadhli Azhimi, 114010267 (2016) ANALISIS PENJADWALAN PRODUKSI DENGAN METODE NETWORK PLANNING (CRITICAL PATH METHOD) UNTUK MENGEFEKTIFKAN WAKTU PRODUKSI PYLON A320 PADA PROGRAM SPIRIT AEROSYSTEMS PT. DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
Abstrak Skripsi.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Skripsi Revisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Skripsi Revisi.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Skripsi.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

BSTRAK Penjadwalan setiap perusahaan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.Salah satu metode yang dapat digunakan dalam penjadwalan adalah metode Network Planning (Critical Path Method). Program Spirit Aerosystems PT. Dirgantara Indonesia (Persero) merupakan departemen yang bertanggung jawab dalam proses pembuatan komponen Pylon Pesawat Airbus tipe A320. Penelitian ini merupakan penelitian mengenai analisis penjadwalan dengan menggunakan Network Planning (Critical Path Method) untuk meningkatkan efektivitas waktu produksi komponen Pylon A320 pada Program Spirit Aerosystems PT. Dirgantara Indonesia (Persero). Kebijakan penjadwalan pada program Spirit Aerosystems belum bisa memenuhi target permintaan Airbus, yaitu sebesar 6 unit per minggu dan perusahaan hanya bisa mencapai 5,4 unit per minggu. Hasil analisa Cirtical Path Method menunjukan bahwa penjadwalan produksi belum efektif, karena terlihat pada proses assembly masih ada penundaan pekerjaan assembly seperti, Closing Rib, Sub Spar Assy Pylon, Landing Assy, dan Rib Assy Port. Waktu yang dibutuhkan dengan kebijakan perusahaan untuk produksi komponen Pylon A320 yaitu sebesar 46,93 hari, sedangkan menggunakan Critical Path Method membutuhkan waktu sebesar 37,49 hari, sehingga dengan menggunakan Network Planning (Critical Path Mehod) dalam produksi komponen Pylon A320 dapat menghemat waktu selama 9,44 hari atau dengan kata lain telah terjadi efektivitas waktu yang lebih baik dengan menggunakan Critical Path Method. Kata kunci : Penjadwalan, Network Planning (Critical Path Method), Efektitivitas Waktu, Program Spirit Aerosystems PT. Dirgantara Indonesia (Persero).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2011
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 08 Sep 2016 18:56
Last Modified: 08 Sep 2016 18:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11817

Actions (login required)

View Item View Item