PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR KETERKAITAN HUBUNGAN PLOT DENGAN TEMA CERPEN MELALUI ANALISIS WACANA KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 CIPARAY TAHUN PELAJARAN 2015/2016

TEZA GUNADI HAYAT, 115030092 (2016) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR KETERKAITAN HUBUNGAN PLOT DENGAN TEMA CERPEN MELALUI ANALISIS WACANA KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 CIPARAY TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER - selesai.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b. ing.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR ISI - selesai.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran mengidentifikasi cerita pendek adalah proses penelaahan dalam kegiatan membaca dengan menyelidiki hal-hal tertentu yang ada di dalam sebuah karya prosa fiksi yang mengisahkan sepenggal kehidupan tokoh, peristiwa yang mengharukan atau menyenangkan, mengandung kesan yang tidak mudah dilupakan dan bisa dibaca dalam sekali duduk. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai ”Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur Keterkaitan hubungan Plot dengan Tema Terpen melalui Analis Wacana Kritis dengan menggunakan metode Inkuiri pada siswa kelas XI SMAN 1 Ciparay. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi unsur keterkaitan hubungan plot dengan tema cerpen melalui kajian analisis wacana kritis (AWK) dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciparay?; 2) Mampukah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciparay mengidentifikasi unsur keterkaitan hubungan plot dengan tema cerpen melalui kajian analisis wacana kritis (AWK) dengan menggunakan metode inkuiri?; 3) Efektifkah metode inkuiri digunakan untuk pembelajaran mengidentifikasi unsur keterkaitan hubungan plot dengan tema cerpen melalui kajian AWK? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknis analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi unsur keterkaiatan hubungan plot dengan tema cerpen melalui analisis wacana kritis dengan menggunakan metode inkuiri. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,7 dan pelaksanaan sebesar 3,6. 2. Siswa kelas XI SMAN 1 Ciparay mampu. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata prates dengan rata-rata sebesar 50,84 dan hasil pascates dengan rata-rata sebesar 80,84. Perbedaan ini menunjukkan selisih 30, sehingga menghasilkan peningkatan dari prates dan pascates sebesar 30 atau setara dengan 78,95% 3. Metode Inkuiri d terima . Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung>ttabel, yakni 22,7 > 2,03 dalam tingkatan kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 37. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran cerpen, plot, tema, analisis wacana kritis, metode inkuiri

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 08 Sep 2016 15:05
Last Modified: 08 Sep 2016 15:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11776

Actions (login required)

View Item View Item