TEZA GUNADI HAYAT, 115030092 (2016) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR KETERKAITAN HUBUNGAN PLOT DENGAN TEMA CERPEN MELALUI ANALISIS WACANA KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 CIPARAY TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER - selesai.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak b. ing.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR ISI - selesai.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran mengidentifikasi cerita pendek adalah proses penelaahan dalam kegiatan membaca dengan menyelidiki hal-hal tertentu yang ada di dalam sebuah karya prosa fiksi yang mengisahkan sepenggal kehidupan tokoh, peristiwa yang mengharukan atau menyenangkan, mengandung kesan yang tidak mudah dilupakan dan bisa dibaca dalam sekali duduk. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai ”Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur Keterkaitan hubungan Plot dengan Tema Terpen melalui Analis Wacana Kritis dengan menggunakan metode Inkuiri pada siswa kelas XI SMAN 1 Ciparay. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi unsur keterkaitan hubungan plot dengan tema cerpen melalui kajian analisis wacana kritis (AWK) dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciparay?; 2) Mampukah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciparay mengidentifikasi unsur keterkaitan hubungan plot dengan tema cerpen melalui kajian analisis wacana kritis (AWK) dengan menggunakan metode inkuiri?; 3) Efektifkah metode inkuiri digunakan untuk pembelajaran mengidentifikasi unsur keterkaitan hubungan plot dengan tema cerpen melalui kajian AWK? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknis analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi unsur keterkaiatan hubungan plot dengan tema cerpen melalui analisis wacana kritis dengan menggunakan metode inkuiri. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,7 dan pelaksanaan sebesar 3,6. 2. Siswa kelas XI SMAN 1 Ciparay mampu. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata prates dengan rata-rata sebesar 50,84 dan hasil pascates dengan rata-rata sebesar 80,84. Perbedaan ini menunjukkan selisih 30, sehingga menghasilkan peningkatan dari prates dan pascates sebesar 30 atau setara dengan 78,95% 3. Metode Inkuiri d terima . Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung>ttabel, yakni 22,7 > 2,03 dalam tingkatan kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 37. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran cerpen, plot, tema, analisis wacana kritis, metode inkuiri
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 15:05 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 15:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11776 |
Actions (login required)
View Item |