EPON NURWANTI, 12 5020066 (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP P ENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover-EPON.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK indonesia.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT inggris.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BISMILLAH BAB I.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BISMILLAH BAB II.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini adalah “ Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMA Pasundan 3 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 201 5 - 20 1 6 )” . Dilatar belakang i oleh rendahnya keaktifan belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini antara lain, 1) Me ndeskripsikan pelaksanaan m odel pembelajaran Examples Non Examples dalam pembelajaran ekonomi di SMA Pasundan 3 Bandung kelas X 2 . 2) Mendeskri psi kan keaktifan belajar siswa pada sub pokok bah a san ekonomi mikro dan ekonomi makro di kelas X 2 SMA Pasundan 3 Bandung . 3) Mengungkapkan berapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran Examples Non Examples dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pa d a sub pokok bahasan ekonomi mikro dan ekonomi makro di kelas X 2 SMA Pasundan 3 Bandung . Lokasi pene litian bertempat di SMA Pasundan 3 Bandung Jalan Kebonjati No.31 Bandung . Objek pene litian ini adalah siswa kelas X 2 SMA Pasundan 3 Bandung dengan jumlah t otal 25 sis wa terdiri dari 1 8 siswa dan 7 siswi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Me tode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan tingkat ekplanasi asosiatif kausal. Teknik pen gumpulan data yang di gunakan yait u observasi , angket , dan dokumentasi dengan teknik pengolahan data uji validitas , uji reabilitas , uji n ormalitas, analisis regresi linier sederhana , dan koefsien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples terhadap keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan SPSS 21.0 for windows . Hasil olah data terdapat Analisis regresi linier sederhana sebesar Y = 16,344 + 0, 382 X Untuk mengetahui seberapa besar peng aruh variabel X (m odel pembelajaran Examples Non Examples ) terhadap variabel Y ( hasil belajar), maka digunakan Koefisien D eterminasi atau R 2 denga n hasil perhitungan sebesar 37,8 %. Kesimpulan bahwa model Examples Non Examples berpengaruh pada keaktivan bela jar siswa sebesar 37,8 % yang lainnya dipengaruhi 62,2 % oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dengan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada konsep ekonomi mikro dan makro . Siswa dijad ikan sebagai subyek, seh ingga pola interaksi yang terjadi adalah antara guru dan siswa, serta siswa dengan siswa. Selain itu dapat mengukur kemampuan diri siswa melalui latihan soal - soal, dan melatih kesiapan dan keberanian dalam menjawab soal, sehingga berimplikasi pada keaktifa n belajar siswa . Sebagai akhir penelitian, penulis menyamp aikan saran bagi siswa kelas X 2 SMA Pasundan 3 Bandung agar bisa mensiasati dengan menggunakan cara yang tepat guna memperoleh keaktifan belajar yang ingin dicapai. Hendaknya gu ru dapat menerapkan suatu model yang te pat sehingga m ateri yang dijelaskan dapat disampaikan dengan baik, dan tidak hanya diterima oleh siswa akan tetapi dipahami dengan baik oleh siswa. Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Model Pembelajaran Examples Non Examples
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 19:01 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 19:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11750 |
Actions (login required)
View Item |