IDENTIFIKASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DOMINO PADA MATERI EKOSISTEM BERBASIS KURIKULUM 2013

MUHAMAD DICKY ALPIAN, 1 25040164 (2016) IDENTIFIKASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DOMINO PADA MATERI EKOSISTEM BERBASIS KURIKULUM 2013. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrack indonesia.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrack inggris.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang kondisi siswa dalam pembelajaran biologi cenderung pasif serta pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa sering luput dari perhatian guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampila n berpikir kritis siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media kartu domino pada materi ekosistem berbasis kurikulum 2013 . Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa jenjang SMA kelas X di SMAN Jatinangor dengan jumlah siswa kelas X - 8 sebanyak 30 siswa. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One - Shot Case Study . Instrumen yang digu nakan adalah tes keterampilan berpikir kritis berupa soal - soal objektif berjumlah 15 soal yang disesuaikan dengan indikator keterampilan berpikir kritis dan indikator pembelajaran serta lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran yang berjumlah 14 aktivitas siswa yang termasuk kedalam aspek dan indikator keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam menjawab soal - soal berpikir kritis pada materi ekosistem telah memenuhi indikator keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan dengan rata - rata nilai sebesar 3.12. Kemudian dari enam indikator berpikir kritis yang dikembangkan, masing - masing terpenuhi dengan rata - rata persentase indikator memfokuskan pertanyaan 82.7%, indikator menganalisis argumen 75.0%, indikator be rtanya dan menjawab pertanyaan menantang 83.3%, indikator mendefiniskan istilah, mempertimbangkan suatu definisi 74.9%, indikator berinteraksi dengan orang lain 83.3% dan indikator memutuskan suatu tindakan yang mendapat rata - rata persentase terendah sebes ar 63.3%. Hal ini dimungkinka n karena siswa belum menguasai pola permainan kartu domino secara keseluruhan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terpenuhinya enam indikator keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan serta kartu domino dapat mengoptimal kan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Kartu Domino, Berbasis Kurikulum 2013, Keterampilan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Sep 2016 18:01
Last Modified: 09 Sep 2016 14:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11734

Actions (login required)

View Item View Item