NENENG NURHASANAH, 115030005 (2016) PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN UNSUR VERBA PADA TEKS EKSPLANASI DENGAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENGGUNAKAN STRATEGI SYNERGETIC TEACHING PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 CIKARANG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover.docx Download (143kB) |
|
Text
Abstrak.docx Download (23kB) |
|
Text
BAB I.rtf Download (136kB) |
Abstract
Teks Eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya suatu kejadian, atau terbentuknya sebuah fenomena alam dan fenomena sosial maupun budaya. Teks Prosedur Kompleks adalah teks yang menjelaskan langkah-langkah atau tahap-tahapan yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan, Strategi Synergetic Teaching adalah strategi pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggabungkan dua cara belajar yang berbeda dalam mempelajari materi yang sama untuk saling membandingkan catatan. Sehubungan dengan hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran membandingkan unsur verba pada teks eksplanasi dengan teks prosedur kompleks menggunakan strategi synergetic teaching pada siswa kelas XI SMAN 1 Cikarang Timur tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan penulis, kemampuan siswa, dan ketepatan strategi synergetic teaching dalam pembelajaran membandingkan unsur verba pada teks eksplanasi dengan teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI SMAN 1 Cikarang Timur tahun pelajaran 2015/2016. Hipotesis dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu : (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, menilai kegiatan pembelajaran membandingkan unsur verba pada teks eksplanasi dengan teks prosedur kompleks menggunakan strategi synergetic teaching pada siswa kelas XI SMAN 1 Cikarang Timur Tahun Pelajaran 2015/2016; (2) Siswa kelas XI SMAN 1 Cikarang Timur mampu membandingkan unsur verba pada teks eksplanasi dengan teks prosedur kompleks dengan tepat; (3) Strategi Synergetic teaching efektif digunakan dalam pembelajaran membandingkan unsur verba pada teks eksplanasi dengan teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI SMAN 1 Cikarang Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penulis memperoleh nilai rata-rata hasil perencanaan dengan nilai 3,6 dan nilai rata-rata hasil pelaksanaan dengan nilai 3,8 dengan kategori baik sekali (A). Sementara untuk hasil rata-rata pretes yang diperoleh siswa 33,4, sedangkan nilai rata-rata postes yang diperoleh adalah 66,7. Jadi selisih nilai rata-rata pretes dan postes yaitu 33,3 atau setara dengan 1,11%. Dalam hal ini, dari hasil perhitungan statistik dan hasil perhitungan taraf signifikan diketahui hasil t_hitung sebesar 9,30, t_tabel sebesar 0,04 pada tingkatan kepercayaan 95% dan d.b sebesar 29. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci : Pembelajaran, membandingkan, unsur verba, teks eksplanasi, teks prosedur kompleks, strategi synergetic teaching.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2011 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 21 Mar 2016 10:19 |
Last Modified: | 21 Mar 2016 10:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1173 |
Actions (login required)
View Item |