PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN RASA PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KERJASAMA DI LINGKUNGAN RUMAH

NISA RISYDIANI, 125060181 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN RASA PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KERJASAMA DI LINGKUNGAN RUMAH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD Negeri Kebon Gedang 02 dengan subjek penelitian adalah kelas III. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan Rasa Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar Siswa. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian pada KD Memelihara Lingkungan Alam dan Buatan di Sekitar Rumah dengan model Contextual Teaching and Learning dalam pembelajarannya. Objek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri atas 14 orang laki-laki dan 16 orang perempuan, adapun instrumen yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah wawancara, observasi, angket, evaluasi hasil belajar siswa berupa pre tes dan post tes. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar observasi, hasil wawancara observer dan angket respon siswa. Dari hasil belajar, Rata- rata hasil belajar siswa pada data awal adalah 67 kemudian dilakukan tindakan di siklus I mendapatkan hasil rata-rata hasil belajar 75 selanjutnya dilakukan kembali pada siklus II mendapatkan hasil 80,3. Peningkatan hasil belajar dalam bentuk persentase nilai awal siswa yang tuntas adalah 30% dengan kemudian Siklus I mengalami peningkatan menjadi 80% dilanjutkan kembali pada siklus II menjadi 85% dari jumlah 30 tuntas dalam hasil belajar. Dapat di simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching and Learning pada materi Kerjasama di Lingkungan Rumah dapat meningkatkan rasa peduli lingkungan dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Contextual Teaching and Learning, Rasa Peduli Lingkungan, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 07 Sep 2016 15:57
Last Modified: 07 Sep 2016 15:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11717

Actions (login required)

View Item View Item