DINA DESTIANA, 125060142 (2016) MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (803kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (553kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN Cibabat Mandiri IV kota Cimahi. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas V SDN Cibabat Mandiri IV kota Cimahi yang tidak berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran karena kurang ada kemauan atau perasaan suka dalam belajar. sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya model Quantum Learning belum pernah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Leraning dengan menggunakan Rancangan TANDUR yang terdiri dari 6 tahap yaitu 1. Tumbuhkan, 2. Alami, 3. Namai, 4. Demonstrasikan, 5. Ulangi dan 6. Rayakan. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata peningkatan minat belajar siswa, yaitu pada siklus I minat belajar siswa 1,67 dengan kategori minat sedang, siklus II 2,67 dengan kategori minat tinggi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model Quantum Learning sangat menunjang terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Dengan demikian, penggunaan model Quantum Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS. Kata kunci: Quantum Learning, Minat belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 15:29 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 15:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11709 |
Actions (login required)
View Item |