SYANTIKA AFI'DAH, 125060091 (2016) P ENINGKAT AN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DA LAM MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
ABSTRAK B.ING.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar peserta didik sebagian besar belum mencapai ketuntasan serta kurangnya keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor guru mendominasi kegiatan pembelajaran dan faktor peserta didik yang belum bisa berperan aktif dalam kelompok maupun individu dalam pembelajaran dan antusiasme belajar peserta didik rendah. Untuk itu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA materi bumi dan alam semesta yaitu dengan mengunakan model numbered head together . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan menerapkan model pembelajaran nu mbered head together yang terdiri dari 7 fase, yaitu penomoran, mengajukan pertanyaan, berpikir bersama, menjawab, penilaian dan pemberian tanggapan, kesimpulan, dan evaluasi . Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik , angket, wawancara dan lembar observasi penilaian keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran . Hasil belajar yang didapatkan peserta didik mengalami peningkatan. Pada siklus I yang mecapai KKM sebesar 75% dan yang tidak mencapai KKM sebesar 25%. Pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 90% yang mencapai KKM dan yang tidak mencapai KKM sebesar 10%. Keaktifan peserta didik mengalami peningkatan selama berlangsungnya penelitian dengan hasil yan g diperoleh pada siklus I sebesar 55% dalam kategori Baik (B) dan 45% dalam kategori Cukup (C). Pada siklus II terdapat peningkatan sebesar 90% dan dalam kategori Baik (B) dengan 3 sampel mendapat kategori Sangat Baik (A) serta sebesar 10% dalam kategori C ukup (C). S impulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran numbered head together dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajar an IP A materi bumi dan alam semesta pada kelas IV SD Negeri Kebon Gedang 2 Kelurahan Maleer Kecamatan Batununggal Kota Bandung . Kata kunci : numbered head together , keaktifan , hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 14:28 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 14:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11679 |
Actions (login required)
View Item |