PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA P ELAJARAN IPS MATERI LETAK RUMAH ( Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas 1 SDN Purwamekar 1 Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang)

TATIKAH AYUNINGTIYA, 1 25060321 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA P ELAJARAN IPS MATERI LETAK RUMAH ( Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas 1 SDN Purwamekar 1 Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover SKRIPSI AYUU.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abtrak indonesia.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abtrak inggris.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I TATIKAH.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II TATIKAH.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA seluruh.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas I terhadap pembelajaran IPS pada materi letak rumah yang dilatar belakangi oleh masih rendahnya rasa ingin tahu partisipasi da n hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil p enelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar menunjukkan peningkatan di setiap tes . Hasil postes siklus I menunjukkan dari hasil belajar siswa berjumlah sebesar 30,4 % . Hasil postes siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 100 %, terjadi peningkatan sebesar 59,6 % dari hasil postes siklus I. Sedangkan untuk hasil penilaian rasa ingin tahu siswa yang menyatakan dirinya aktif i dalam b elajar pada siklus I yaitu 52,5 %. Pada siklus II 100 % siswa menyatakan dirinya ber peran aktif dalam belajar. Artinya adanya peningkatan rasa ingin tahu yang dirasakan oleh siswa sendiri setelah mengikuti proses pembelajaran dengan men ggunakan model pembelajan Inkuiri. Sementara aktivitas siswa terhadap pembelajaran terlihat efektif, hal tersebut terlihat dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, si swa berperan aktif dalam proses pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran. Re spon siswa terhadap pembelajaran sangat positif, siswa bersemangat dan merasa senang dalam pembelajaran dan mampu menguasai kelas. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian adalah peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa dari hasil p ostes sikl us I dan postes siklus II menunjukan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan postes siklus II menunjukkan siswa yang mencapai KKM sebanyak 100 %, hal tersebut melebihi target yang ditentukan penulis yaitu 80%. Kata Kunci: Inkuiri , Rasa Ingin Tahu , Hasil Belaja r.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Sep 2016 12:20
Last Modified: 07 Sep 2016 12:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11667

Actions (login required)

View Item View Item