TINJAUAN YURIDIS KRIMINOLOGIS KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENYEBABKAN KEMATIAN DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN

DEWI ANJAS WIJAYA, NPM. 121000140 (2016) TINJAUAN YURIDIS KRIMINOLOGIS KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENYEBABKAN KEMATIAN DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Fiks Compre Dewi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FIX KOMPRE.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text
BAB III FIKS KOMPRE DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV REVISI FIKS KOMPRE (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
BAB V FIKS KOMPRE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DEWI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PRINT 2 LEMBAR PENGESAHAN SIDANG AKHIR.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Kecelakaan lalu lintas darat merupakan keadaan serius, yang menjadi masalah di negara maju maupun negara berkembang. Data Kepolisian menyebutkan sekitar 9,1 menit sekali di Indonesia terjadi kasus kecelakaan lalu lintas darat dan banyak diantaranya merupakan kasus kecelakaan yang pelakunya melarikan diri. Berdasarkan hal ini maka hukum transportasi khususnya transportasi darat perlu ditegakan guna menjamin kelancaran lalu lintas yang aman, tertib, dan efisien. Pada penelitian ini yang menjadi identifikasi masalah adalah apa yang menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan kematian, bagaimana pertanggung jawaban hukum pengemudi dalam kasus lalu lintas yang menyebabkan kematian, bagaimana upaya aparat penegak hukum dan pemerintah dalam mengantisipasi kecelakaan lalu lintas. Penulisan hukum ini menggunakan spesifikasi penelitian yang bersifat deskriptif analitis, dengan metode pendekatan yuridis normatif, dan melalui tahap penelitian kepustakaan dan lapangan dengan teknik pengumpulan data studi pustaka dan studi lapangan, kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode yuridis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 4 faktor utama penyebab kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan kematian yaitu pertama faktor pengemudi anatara lain pengemudi mengantuk. Kedua faktor kendaraan. Ketiga faktor kondisi jalan. Keempat faktor kondisi cuaca. Pertanggung jawaban pidana dan/atau perdata merupakan bentuk pertanggung jawaban hukum pengemudi dalam kasus lalu lintas yang menyebabkan kematian. Upaya yang dapat dilakukan aparat penegak hukum dan pemerintah dalam mengantisipasi kecelakaan lalu lintas yaitu melakukan seleksi yang lebih ketat terkait pemberian Surat Ijin Mengemudi (SIM), melakukan pengawasan dalam proses penerbitan SIM, memaksimalkan operasi atau rajia kelayakan kendaraan dan kelengkapan surat, melakukan sosialisasi, pendidikan berlalu lintas dan pembinaan terhadap sikap dan kepatuhan para pengemudi kendaraan bermotor mengenai peraturan-peraturan lalu lintas jalan, memperbaiki sarana dan prasarana jalan dan rambu lalu lintas, melakukan pendidikan penanganan peristiwa kecelakaan lalu lintas bagi masyarakat, serta selalu melakukan evaluasi terhadap kebijakan yang telah diterapkan terkait lalu lintas. Kata Kunci: Kecelakaan Lalu Lintas Darat, Kematian.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2012
Depositing User: Ramadhan S -
Date Deposited: 07 Sep 2016 13:54
Last Modified: 07 Sep 2016 13:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11652

Actions (login required)

View Item View Item