CITRA DAN EKSPEKTASI MAHASISWA TERHADAP PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI (Studi Kualitatif pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan)

Sagita Edriana, 122050184 (2016) CITRA DAN EKSPEKTASI MAHASISWA TERHADAP PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI (Studi Kualitatif pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I fix.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II fix.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Citra dan Ekspektasi Mahasiswa terhadap Program Studi Ilmu Komunikasi” yang dilakukan di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan. Untuk menganalisis pandangan dan harapan mahasiswa terhadap program studi ilmu komunikasi yang saat ini sedang banyak diminati oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui citra dan ekspektasi mahasiswa terhadap program studi ilmu komunikasi dengan menggunakan teori pembentukan citra dan Nimpoeno yang meliputi persepsi, kognisi, motivasi, sikap dan juga teori ekspektasi dari Victor Vroom yang meliputi tiga komponen yakni ekspektasi, valensi, dan pertautan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode penelitian kualitatif digunakan apabila masalah penelitian belum jelas memahami apa yang ada di lapangan dan memastikan verifikasi kebenaran data. Data yang terkumpul pada penelitian kualitatif bersifat subjektif dan isntrumen sebagai alat pengumpul data adalah peneliti itu sendiri. Hasil penelitian ini adalah mereka berpikiran bahwa program studi ini memiliki tingkat fleskibilitas yang tinggi, lulusannya bisa bekerja di mana saja. Mereka mencari tahu kampus mana yang memiliki akreditasi yang baik dalam program studi ini dan akhirnya memilih Unpas karena berdasarkan informasi yang didapat, Unpas merupakan salah satu kampus terbaik di kota Bandung. Motivasi mereka diantaranya bekerja di media terutama media nasional, menjadi praktisi PR di perusahaan besar, juga menjadi komunikator yang baik. Untuk mencapai semua ini, mereka memiliki sikap loyalitas yang tinggi dengan cara mengikuti perkuliahan dengan baik. selanjutnya, ekspektasi yang dimiliki adalah mereka memiliki harapan yang besar untuk dapat mewujudkan cita-cita mereka sebagai jurnalis dan praktisi PR yang handal meskipun apa yang mereka bayangkan belum sepenuhnya didapatkan di kampus ini. Mereka berharap pengembangan di laboratorium, kelas, dan perpustakaan dapat dilakukan secepatnya agar kebutuhan mahasiswa terpenuhi dalam menunjang perkuliahannya sebagai modal mereka untuk mengasah kemampuan. Peneliti merekomendasikan agar pihak kampus dapat segera melakukan pembenahan baik dari segi sarana maupun prasarana agar mahasiswa dapat merasa nyaman untuk belajar di kampus ini. Juga dalam hal ini pihak kampus dihimbau dapat menjaga nama baik dengan menciptakan ruang belajar sesuai dengan apa yang diharapkan mahasiswa melalui informasi yang didapat. Teori pembentukan citra dan ekepektasi ini diharapkan dapat jadi bahan evaluasi bagi setiap lembaga dalam mempertahankan kedudukannya di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 06 Sep 2016 18:06
Last Modified: 06 Sep 2016 18:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11640

Actions (login required)

View Item View Item