PEMBELAJARAN MENGABSTRAKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION PADA SISWA KELAS XI SMKN 14 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Tegar Eko Saputra, 125030127 (2016) PEMBELAJARAN MENGABSTRAKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION PADA SISWA KELAS XI SMKN 14 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan satu kegiatan yang digunakan seseorang untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam mengabstraksi teks eksplanasi kompleks, yaitu dengan model auditory, intellectualy, repetition salah satu alat yang membangun cara komunikasi baru yang melibatkan pendengaran, pemikiran, dan pengulangan. Rumusan masalah yang penulis ajukan (1) Mampukah penulis merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mengabstraksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model auditory, intellectualy, repetition? (2) Mampukah siswa mengabstraksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model auditory, intellectualy, repetition? (3) Tepatkah model auditory, intellectualy, repetition digunakan dalam pembelajaran mengabstraksi teks eksplanasi kompleks? Penenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran mengabstraksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model auditory, intellectualy, repetition pada siswa kelas XI SMKN 14 Bandung, mengetahui keefektifan model auditory, intellectualy, repetition yang digunakan dalam pembelajaran mengabstraksi teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMKN 14 Bandung. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mengabstraksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model auditory, intellectualy, repetition; (2) siswa kelas XI SMKN 14 Bandung mampu mengabstraksi teks eksplanasi kompleks; (3) model auditory, intellectualy, repetition efektif digunakan dalam pembelajaran mengabstraksi teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMK Negeri 14 Bandung. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian one group pretest-posttest design, dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mengabstraksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model auditory, intellectualy, repetition pada siswa kelas XI Multimedia 1 SMKN 14 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanakan pembelajaran sebesar 3,6. Kemampuan penulis termasuk ke dalam kategori sangat baik (A). 2. Siswa kelas XI Multimedia 1 SMKN 14 Bandung mampu mengabstraksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model auditory, intellectualy, repetition. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretest yaitu 1,92, sedangkan nilai rata-rata posttest 2,87. Jadi selisih nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu 0,95. 3. Model auditory, intellectualy, repetition efektif digunakan dalam mengabstraksi teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI Multimedia 1 SMKN 14 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan taraf signifikan perbedaan dua mean antara pretest dengan nilai posttest, diketahui thitung 9,72 > ttabel 2,04. Kata kunci: Pembelajaran, mengabstraksi, teks eksplanasi kompleks, auditory, intellectualy, repetition.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 06 Sep 2016 17:29
Last Modified: 06 Sep 2016 17:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11630

Actions (login required)

View Item View Item