“UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS SD ”

Yola Oktaviani, 125060217 (2016) “UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS SD ”. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi Skripsi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Picture and Picture dalam pembelajaran IPS pada materi menghargai jasa dan peranan tokoh dalam mempertahankan kemerdakaan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN Mandalasari 02 Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung. Penelitian ini di latar belakangi dengan keadaan siswa di kelas V SDN Mandalasari 02 memiliki sikap percaya diri dan hasil belajar siswa yang rendah di dalam pembelajaran dikarenakan guru jarang memberikan motivasi kepada siswa sehingga kegiatan pembelajaran di kelas kurang aktif. Penelitian ini dilakukan selama II siklus, setiap siklusnya dilakukan sebanyak 3 kali pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Mandalasari 02 Kecamatan Cikancung Kabupaten Bndung, yang berjumlah 31 siswa, diantaranya 18 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Dalam kegiatan penelitaian pembelajaran dengan menerapkan model Picture and Picture yang terdiri dari beberapa tahap yaitu menyampaikan tujuan, menyajikan informasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengunaan model Picture and Picture dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata sikap percaya diri siswa dari siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I muncul sikap percaya diri siswa mencapai 45% dengan kategori kuramg, siklus II mencapai 93% dengan kategori baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengunaan model Picture and Picture dapat meningkatkan sihasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai II, yaitu untuk aspek sikap (spiritual dan tanggung jawab) pada siklus I mencapai 39% dengan kategori kurang, siklus II mencapai 84% dengan kategori bik, untuk aspek pengetahhuan siklus I mencapai 74% dengan kategori cukup, siklus II mencapai 94% dengan ketegori amat baik, sedangkan aspek ketermpilan siklus I mencapai 71% dengan kategori cukup, dan siklus II mencapai 93% atau kategori amat bai. Hambatan yang diperoleh adalah kurang efektifnya waktu dan materi, dan dan upaya upaya untuk mengatasi hambatan tersebut ialah meneliti aktivitas dan kemapuan siswa di kelas agar dapa mencapai hasil penelitian yang memuaskan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran Picture and Picture sangat menunjang terhadap sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Dengan deikian, penggunaan Model Picture and Picture dpaat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS SD. Kata Kunci: Picture and Picture, sikap percaya diri, hasil belajar, hambatan,upaya

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 06 Sep 2016 15:58
Last Modified: 06 Sep 2016 15:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11626

Actions (login required)

View Item View Item