PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL DRILLING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Studi Kasus Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis di Kelas X AP 1 SMK Nasional Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2015 - 2016) .

Nura Risma L, 125020005 (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL DRILLING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Studi Kasus Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis di Kelas X AP 1 SMK Nasional Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2015 - 2016) . Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
5-Bismillah ABSTRAK.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1-Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bismillah BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bismillah BAB II.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8-Daftar Pustaka.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Metode Pembelajaran Snowball Drilling Terhadap Minat Belajar Siswa . Tu juan dari penelitian ini adalah : (1) Pelaksanaan metode pembelajaran snowball drilling pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis pokok bahasan hukum permintaan dan penawaran kelas X AP 1 di SMK Nasional Bandung . (2) M inat belajar siswa pada pembelajaran pengantar ekonomi dan bisnis pokok bahasan hukum permintaan dan penawaran kelas X AP 1 di SMK Nasional Bandung . (3) Mengetahui P engaruh penerapan metode pembelajaran snowball drilling terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran pengantar ekonomi dan bisnis pokok bahasan hukum permintaan dan penawaran kelas X AP 1 di SMK Nasional Bandung. Metode yang diguna kan dalam penelitian ini adalah Survey . Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obse r vasi , wawancara, studi dokumentasi dan angket dengan teknik pengolahan data u ji validitas, uji reliabilitas, normalitas, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi, Hipotesis penelitian berbunyi “T erdapat pengaruh antara metode pembelajaran snowball drilling (X) terhadap minat belajar siswa (Y ) pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis ”. Hasil penelitian ini adalah terdapat korelasi antara variabel X dan Variabel Y sebes ar 0,904 itu berarti korelasi tersebu t dalam kategori hubungan yang kuat . Untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana dengan ha sil perhitungan sebagai berikut : Y = 4,468 + 0, 684 X artinya bahwa setiap metode pembelajaran snowball drilling bertambah 4,468 maka minat belajar meningkat sebesar 0, 684 . Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X ( metode pembelajaran snowball drilling ) terhadap var iabel Y (minat belajar ), maka digunakan koefisien determinasi dengan hasil perhitungan sebesar 81 ,8 % maka sebagian lainnya ditentuk an oleh faktor lain baik di dalam maupun dari diluar lingkungan belajar peserta didik. Kesimpulan hip otesis penelitian dapat teruji , sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru agar sebaiknya dapat terus mengembangkan dan menerapkan metode pembelajaran snowball drilling terutama untuk pembelajaran materi - materi pengantar ekonomi dan bisnis pokok bahasan selanjutnya, k epada para pr aktisi atau peneliti lain di bidang pendidikan agar dapat melakukan penelitian serupa dengan pembelajaran dan metode yang berbeda sehingga diperoleh berbagai alternatif untuk peningkatan pemahaman pembelajaran pada pokok bahasan selanjutnya, dan k epada pih ak sekolah hendaknya menyediakan sarana pendukung yaitu infokus agar peserta didik lebih termotivasi belajar serta mempelancar proses belajar mengajar. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Snowball Drilling , Minat Belajar .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2016 13:25
Last Modified: 06 Sep 2016 13:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11564

Actions (login required)

View Item View Item