PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWTOON (VIDEO PLAYER) PADA SISWA KELAS XI SMK PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

RATU FIARA AGMIANSYAH, 125030124 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWTOON (VIDEO PLAYER) PADA SISWA KELAS XI SMK PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DAN LP.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan satu kegiatan yang digunakan seseorang untuk berko- munikasi secara tidak langsung. Salah satu metode pembelajaran yang dapat me- ningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi kompleks, yaitu dengan media Powtoon (video player) salah satu alat yang membangun cara ko- munikasi baru yang melibatkan imajinasi dan kreativitas. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Mampukah penulis me- rencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks pada peserta didik kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung?; (2) Mampukah peserta didik memproduksi teks eksplanasi kompleks berdasarkan struktur, ciri kebahasaan dan kaidah penulisan dengan tepat pada peserta didik kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung ?; (3) Efektifkah media pembelajaran Powtoon (Video Player) digunakan peserta didik kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks pada peserta didik kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung?; (2) Peserta didik kelas XI MP2 SMK Pasundan 4 Bandung mampu memproduksi teks eksplanasi kompleks berdasarkan struktur, ciri kebahasaan dan kaidah penulisan dengan tepat; (3) Media Powtoon (video player) efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks pada peserta didik kelas XI MP2 SMK Pasundan 4 Bandung. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian one group pretest-posttest design, dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan media Powtoon (Video Player) pada peserta didik kelas XI MP2 SMK Pasundan 4 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanakan pembelajaran sebesar 3,73. Kemam- puan penulis termasuk ke dalam kategori sangat baik (A). 2. Peserta didik kelas XI MP2 SMK Pasundan 4 Bandung mampu memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan media Powtoon (Video Player). Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretest yaitu 44,4, sedangkan nilai rata-rata posttest 77,6. Jadi selisih nilai rata-rata pretes dan posttes yaitu 33,2. 3. Media Powtoon (Video Player efektif digunakan dalam memproduksi teks eksplanasi kompleks pada peserta didik kelas XI MP2 SMK Pasundan 4 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan taraf signifikan perbedaan dua mean antara pretest dengan nilai posttest, diketahui thitung 17,2 > ttabel 2,09. Kata kunci: Pembelajaran, memproduksi, Teks Eksplanasi, Powtoon (Video Player).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 19:11
Last Modified: 05 Sep 2016 19:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11556

Actions (login required)

View Item View Item