P ENERAPAN M ODEL P ROBLEM B ASED L EARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA PENTING MENJELANG KEMERDEKAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Sis wa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimuncang 02 Bandung)

LISTIANA FITRIANI, 125060238 (2016) P ENERAPAN M ODEL P ROBLEM B ASED L EARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA PENTING MENJELANG KEMERDEKAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Sis wa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimuncang 02 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II(revisi).pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Tujuan umu m dalam penelitian ini ad alah untuk mendeskripsikan p eningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tentang Peristiwa Penting Menjelang Kemerdekaan dengan menggunakan m odel Problem Based Learning di kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimuncang 02 Bandung y ang berjumlah 36 orang. Metode penelitian deskriptif, b entuk penelitian adalah penelitia n tindakan kelas, sifat penelitian a dalah kolaboratif, subjek penelitia n guru sebagai peneliti, siswa yang berjumlah 36 orang. Data skor ya ng dikumpulkan data skor kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran data skor kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, data nilai hasil belajar siswa. Alat pen gumpul data pada penelitian ini adalah teknik observasi langs ung, lembar observasi dan alat pengumpul data pada observas i langsung adalah tes tertu lis pretest dan postes t . Hasil penelitian skor kemampua n guru merencakan pembel ajaran pada siklus I adalah 2,75 , s edangkan pada siklus II adalah 3,2 . Skor kemampuan guru dalam melaksanakan pembel ajaran pada siklus I adalah 3,03 sedangka n pada siklus II adalah 3,34 . Nilai hasil bel ajar siswa yang mencapai KKM pada siklus I adalah 63,89% sedangkan nilai hasil bela jar siswa pada siklus II adalah 83,33 % . Dapat disimpulkan bahwa mata pelajaran IPS deng an menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimuncang 02 Bandung Kata Kunci : Problem Based Learning dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2016 12:39
Last Modified: 06 Sep 2016 12:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11540

Actions (login required)

View Item View Item