PENERAPAN MODEL INQUIRY TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BEKERJASAMA DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI SEJARAH UANG

DESI SEPTIANI, 125060296 (2016) PENERAPAN MODEL INQUIRY TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BEKERJASAMA DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI SEJARAH UANG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI 1.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model inquiry terbimbing pada pembelajaran IPS pokok bahasan Sejarah Uang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 01 Cililin dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan kerjasamanya di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model inquiry terbimbing. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan pada setiap siklusnya menerapkan model pembelajaran inquiry terbimbing yang terdiri dari 5 tahap, yaitu merumuskan masalah, merumuskan jawaban sementara, menguji jawaban tentative, menarik kesimpulan, serta menerapkan kesimpulan dan generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian kerjasama dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Pada penilaian kerjasama nilai rata-rata siklus 1 yaitu 2,38 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 2,76. Hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 65, dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 79,5. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model inquiry terbimbing dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan Sejarah Uang Kelas III SDN 01 Cililin. Dengan demikian, penggunaan model inquiry terbimbing dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: inquiry terbimbing, kerjasama, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 18:09
Last Modified: 05 Sep 2016 18:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11526

Actions (login required)

View Item View Item