UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI

SUSILAWATI, 125060267 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS tentang perkembangan teknologi produksi di sekolah dasar khususnya di kelas IV. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi di kelas IV SDN Gumuruh 02 Bandung yang menggambarkan keaktifan siswa kelas IV khususnya masih rendah dan guru masih mendominasi pembelajaran sedang sidang pasif dengan tidak terpenuhinya KKM yang telah ditetapkan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, didapat data bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar setiap siklusnya. Pada siklus I presentase peningkatan keaktifan siswa yang diperoleh sebesar 47%, sedangkan pada siklus II presentase peningkatan keaktifan siswa diperoleh 85,25%, terjadi peningkatan sebesar 38,25% sehingga termasuk ke dalam kategori baik. Pada siklus I presentase peningkatan hasil belajar yang diperoleh sebesar 45,9%, sedangkan pada siklus II prsentase peningkatan hasil belajar diperoleh 83,6% , terjadi peningkatan sebesar 37,7% sehingga termasuk ke dalam kategori baik. Presentase peningkatan keaktifan dan hasil belajar ini menunjukan bahwa setiap siklusnya selalu ada perubahan pada siswa yang meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS tentang perkembangan teknologi produksi di kelas IV SDN Gumuruh 02 bandung. Kata Kunci: 1. Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 18:05
Last Modified: 05 Sep 2016 18:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11521

Actions (login required)

View Item View Item