PE NERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG PENERAPAN KONSEP ENERGI GERAK ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SD Negeri Sekelimus Kecamatan Bandung Kidul Kabupaten Bandung Tahun 2015 - 2016 )

DINA LIDYA NOPRIDA, 125060053 (2016) PE NERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG PENERAPAN KONSEP ENERGI GERAK ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SD Negeri Sekelimus Kecamatan Bandung Kidul Kabupaten Bandung Tahun 2015 - 2016 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Indonesia.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di SDN Sekelimus 1 Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung dengan Subjek penelitian yang berfokus pada siswa kelas III dengan jumlah siswa 24 orang. Penelitian ini didasari oleh kurangnya Sikap Percaya Diri, Sikap Tanggung Jawab, dan Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan observasi a wal yang dilakukan sebelumnya, bahwa proses belajar yang dilakukan sebelumnya tidak melibatkan siswa secara langsung dalam kegitan pembelajaran, kurangnya keberanian siswa untuk mengutarakan pendapat, kurangnya tanggung jawab siswa terhadap kewajiban yang diberikan kepadanya serta hasil belajar siswa tidak sesuai dengan apa yang telah ditentukan. Selain dari itu, adanya faktor lain yang menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya professional guru dalam menyampaikan bahan ajar, kurang mem perhatikan keseluruhan siswa, menggunakan metode ceramah saja, kurangnya guru dalam mengasah siswa dalam melakukan tanya jawab, sehingga pembelajaran terkesan monoton dan teacher center . Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan Sikap Per caya Diri, Sikap Tanggung Jawab, dan Hasil Belajar Siswa melalui penerapan model Diccovery Learning . Alur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri 2 siklus atau tindakan, setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pembelajaran, dari setiap tindakan m eliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, atau pengamatan dan refleksi. Sikap percaya diri yaitu pada siklus I 67% dan siklus II 88%, peningkatan sikap tanggung jawab yaitu pada siklus I 67% dan siklus II 88%, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 88% dan pada siklus II 100%. Untuk peningkatan pelaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 91% dan siklus II 99%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dengan menerapkan model Discovery Learning pada m ata pelajaran IPA tentang Penerapan Konsep Energi Gerak dapat meningkatkan sikap percaya diri, sikap tanggung jawab, dan hasil belajar siswa. Hambatan dalam penelitian ini adalah waktu dalam pengumpulan data pada pelaksanaan pembelajaran >70 menit. Upaya y ang dilakukan peniliti untuk mengatasi hambatan tersebut adalah memberikan kesempatan kepada siswa yang sudah selesai untuk membacakan hasil diskusi di depan kelas. Kata Kunci : Model Discovery Learning , Sikap Percaya Diri, Tanggung Jawab dan Hasil Belajar, Hambatan Penelitian, dan Upaya Peningkatan .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2016 18:05
Last Modified: 05 Sep 2016 18:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11518

Actions (login required)

View Item View Item