PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI KELAS X

LULU HUMAEROH, 125040155 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI KELAS X. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR ISI skripsi.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya pemahaman siswa kelas X MIA SMA Kemala Bhayangkari Bandung terhadap konsep ekosistem yang disebabkan antara lain oleh penerapan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa sulit memahami pesan materi yang disampaikan oleh guru. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Kemala Bhayangkari Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs dengan desain One Group Pretest-Posttest. Instrument penelitian menggunakan 2 instrumen yaitu instrumen tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 20 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan pencapaian indikator pembelajaran yang sudah di uji cobakan sebelumnya dan instrument non-test yang mengukur aspek afektif berupa angket serta tes mengukur psikomotor berupa lembar obervasi. Hasil analisis data pada instrument test menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata posttest sebesar 70,80, didukung dengan uji t didapatkan > 2,66 dan didukung oleh peningkatan hasil belajar siswa dengan uji Gain ternormalisasi sebesar 0,51 yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada konsep ekosistem dan termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisis data pada instrumen non-tes ranah afektif yang berupa angket menunjukkan hasil rata-rata sebesar 4,16 mendekati 5 maka dapat disimpulkan bahwa respon siswa baik terhadap pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada konsep ekosistem. Sedangkan Pada ranah psikomotor yang berupa lembar observasi aktivitas siswa menunjukan hasil 88 (kategori sesuai), lembar observasi penilaian dokumen menunujukan hasil 94 (kategori sangat sesuai) dan pada lembar observasi aktivitas guru menunjukan hasil 92 maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada konsep ekosistem dapat digunakan sebagai salah satu alternatif kegiatan pembelajaran biologi. Kata Kunci : Think Pair Share, Angket, Lembar Observasi, Hasil Belajar siswa, Ekosistem.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 17:58
Last Modified: 05 Sep 2016 17:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11517

Actions (login required)

View Item View Item