PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA

NASYAR MUBAROQ, 125050056 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.ABSTRACT.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Nasyar Mubaroq (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Matematika adalah salah satu ilmu pengetahuan yang sangat berguna dalam segala aspek kehidupan. Kemampuan berpikir kreatif matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ternyata masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena guru lebih sering memberikan siswa hafalan rumus yang rumit, dan juga guru jarang melatih kemampuan berpikir kreatif matematis siswa saat proses pembelajaran. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis adalah model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning, (2) untuk mengetahui apakah sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 18 Bandung tahun ajaran 2015-2016, dan sampelnya adalah dua kelas yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal-soal kemampuan berpikir kreatif matematis dan skala sikap yang menggunakan model skala Likert yang berisikan pernyataanpernyataan siswa mengenai kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Dari analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (2) siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Sehingga model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Reciprocal Teaching, Sikap

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 17:57
Last Modified: 05 Sep 2016 17:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11514

Actions (login required)

View Item View Item