EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG

NITA NURLITA, 125020049 (2016) EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Efektifitas Penerapan Metode Group Investigation terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X di SMA Pasundan 1 Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Pasundan 1 Bandung (2) untuk mengetahui efektifitas penerapan metode pembelajaran group investigation terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Pasundan 1 Bandung (3) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode group investigation di SMA Pasundan 1 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi pustaka, dokumentasi dan angket dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, normalitas, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi, Hipotesis penelitian berbunyi “Penerapan metode group investigation (X) efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa (Y) pada mata pelajaran Ekonomi kelas X di SMA Pasundan 1 Bandung”. Hasil pengolahan data penelitian ini adalah Penerapan metode group investigation diperoleh total skor 15 item pernyataan variabel X (metode group investigation) yang berada pada kategori “Baik” ditunjukkan dengan rata-rata bobot sebesar 3,73 dengan persentase sebesar 74,81% dan Minat belajar di SMA Pasundan kelas X.10 berada pada kategori “Baik” ditunjukkan dengan rata-rata bobot sebesar 3.86 dengan persentase sebesar 77,39% yang diperoleh dari total skor 15 pernyataan Dan telah terealisasikan dan dapat diterima oleh siswa. Besarnya efektifitas variabel X metode group investigation terhadap variabel Y (minat belajar) berdasarkan perhitungan statistik diperoleh koefisien determinasi sebesar 65,4% dan termasuk dalam kategori hubungan yang kuat sisanya 34,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Kesimpulan hipotesis penelitian dapat teruji, sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada (1) guru Guru ekonomi sebaiknya menerapkan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa dan tujuan yang ingin dicapai, untuk meningkatkan minat belajar agar guru menjalin komunikasi dengan siswa. (2) Bagi siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode group investigation siswa dapat terlibat secara aktif pada proses pembelajaran sehingga memberikan dampak positif terhadap minat belajar siswa. (3) Kepada para praktisi atau peneliti lain di bidang pendidikan agar dapat melakukan penelitian serupa dengan pembelajaran dan metode yang berbeda sehingga diperoleh berbagai alternatif untuk peningkatan pemahaman pembelajaran pada pokok bahasan selanjutnya, bisa juga dengan pokok bahasan lain dan kelas yang berbeda Kata Kunci :Metode group investigation,Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 17:53
Last Modified: 05 Sep 2016 17:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11510

Actions (login required)

View Item View Item