PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PE LAJARAN IPS PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOG

SANIE LAZUWARDIYAT, 125060058 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PE LAJARAN IPS PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER skripsi.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.1.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.2.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Buah Batu 03 terhadap pelajaran IPS pada materi perkembangan teknlogi yang dilatar belakangi oleh masih rendah nya motivasi dan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan yang meliputi tahapan perencanaan, pelaks anaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar menunjukkan peningkatan di setiap tes. Hasil evaluasi pada siklus I menunjukan siswa yang me ncapai nilai K KM hanya berjumlah sebesar 72% . Hasil evaluasi siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, pada siklus II siswa yang m encapai nilai KKM sebanyak 88,5 %, t erjadi peningkatan sebesar 16,5 % dari hasil evaluasi siklus I. Sedangkan u nt uk hasil penilaian motivasi siswa pada siklus I yaitu 70,4%. Pada siklus II motivasi siswa dalam belajar meningkat sebanyak 88,8% . Artinya adan ya peningkatan motivasi yang dirasakan oleh siswa sendiri setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunaka n model pembelajan Discovery Learning meningkat 18,4% dari hasil motivasi siklus I . S ementara aktivitas siswa terhadap pembelajaran terlihat efektif, hal tersebut terlihat dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, siswa berperan aktif dalam diskusi dan penggunaan media pembelajaran. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif, siswa bersemangat dan merasa senang dalam pembelajaran dan mampu menguasai kelas. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitia n adalah peningkatan motivasi dan hasil belaja r siswa dari hasil pretes sampai pelaksanaan evluasi siklus I dan evaluasi siklus II menunjukan peningkatan yan g baik, hasil pelaksanaan evaluasi siklus II menunjukkan siswa yang mencapai KKM sebanyak 88,8 %, hal tersebut melebihi target yang ditentukan pen ulis yaitu 80%. Selain itu aktivitas siswa dalam pembelajaran menjadi meningkat, hal tersebut terjadi karena siswa yang ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Discovery Learning , Motivasi , Hasil Belaja r.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 19:24
Last Modified: 05 Sep 2016 19:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11500

Actions (login required)

View Item View Item