PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMKN 14 BANDUNG

Sari Hayyu Damayanti, 125020060 (2016) PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMKN 14 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 FIX.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMKN 14 BANDUNG. (Studi Eksperimen Pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI Multimedia 1). Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa belum terlibat aktif dalam proses pembelajaran, masih minimnya penggunaan media dalam mata pelajaran kewirausahaan, kurangnya fokus perhatian siswa pada proses pembelajaran dan dalam mata pelajaran kewirausahaan kelas XI kurang bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menegetahui adanya pengaruh peningkatan hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan pada mata pelajaran kewirausahaan dengan menggunakan metode pembelajaran simulasi pada kelas eksperimen (XI Multimedia 1) dan metode pembelajaran konvensional (ceramah) pada kelas kontrol (XI Multimedia 2). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, bentuk desain quasi eksperimen yang dipilih adalah nonequivalent control group design. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil postest yang berbentuk essay. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 85,38 untuk kelas eksperimen, dan 81,25 untuk kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan diatas didapatkan thitung= 25,84 sedangkan ttabel= 2,75. Sehingga bila dimasukkan pada rumus hipotesis thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil adalah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas XI Multimedia 1 yang menggunakan metode simulasi dan siswa kelas XI Multimedia 2 yang tidak menggunakan metode simulasi. Kesimpulan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran kewirausahaan di kelas XI SMKN 14 Bandung. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran kepada guru untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat melatih siswa untuk lebih aktif pada proses pembelajaran, bagi siswa diharapkan dengan penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, bagi sekolah untuk menjadikan metode simulasi sebagai salah satu alternatif yang dapat diterapkan di sekolah, dan bagi peneliti selanjutnya agar menambah ilmu mengenai metode pembelajaran simulasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa sehingga pada penelitian selanjutnya dapat dikembangkan secara lebih mendalam dan dapat diterapkan sebagai metode pembelajaran di kelas yang berbeda dan pelajaran yang beda pula. Kata Kunci : Metode Simulasi, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 17:41
Last Modified: 05 Sep 2016 17:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11493

Actions (login required)

View Item View Item