PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

LIA YULIANI, 125020084 (2016) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan dengan sesudah diberi perlakuan dan untuk mengetahui apakah media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Pasundan 3 Bandung. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya adalah media pembelajaran yang diterapkan guru di dalam kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, bentuk desain Quasi Eksperimen yang dipilih adalah Nonequivalent Control Group Design, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dengan jumlah 17 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah 17 orang sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil nilai pretes dan postes yang berbentuk pilihan ganda. Pengolahan data dilakukan dengan statistika parametrik melalui uji t independent (t-test independent), berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai hasil belajar pretes kelas kontrol sebesar 52,05 dan nilai rata-rata postes sebesar 70,29, sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretes sebesar 58,52 dan nilai rata-rata postes sebesar 78,82. Peningkatan hasil belajar kelas kontrol sebesar 18,24 dan kelas eksperimen sebesar 20,3. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media audio visual lebih besar dari hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional. Analisis hasil tes siswa yang diuji dengan uji-t dengan perolehan t hitung > t tabel (2,506 > 2,036), sehingga bila dimasukkan pada rumus hipotesis thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kata kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 17:41
Last Modified: 05 Sep 2016 17:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11490

Actions (login required)

View Item View Item