PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI SMAN 5 CIMAHI PADA SUBKONSEP JURNAL UMUM

TIAS PRATIWI MURTI, 125020062 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI SMAN 5 CIMAHI PADA SUBKONSEP JURNAL UMUM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA 2.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Peneltian ini berjudul “Penggunaan Model Pembelajaran Inquiri Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi SMA Pada Sub Konsep Jurnal Umum”. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunaan model pembelajaran Inquiry Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa Ekonomi pada sub konsep Jurnal Umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa ekonomi pada sub konsep jurnal umum. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode ekpserimen, dimana pada metode ini terdapat 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.Populasi dari penelitian ini adalah XI IPS SMAN 5 Cimahi, dengan sampel sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3. Data dari hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrument berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil penelitian ini diperoleh hasil kelas kontrol dengan rata-rata pre test (Y) sebesar 45,6 dan rata-rata post test (Y) sebesar 75,86. Dan hasil dari kelas eksperimen dengan rata-rata pre test 49.57 dan rata-rata post test sebesar 81. Dan diperoleh hasil uji t yaitu tidak berpasangan dari pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu signifikan karena thitung< ttabel sebesar (2,067) > (3,437). Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara kelas XI IPS 3 yang menggunakan model pembelajaran inquiry discovery learning dengan siswa kelas XI IPS 2 yang tidak menggunakan model pembelajaran inquiry discovery learning. Dari hasil penelitian merekomendasikan pembelajaran dengan model Pembelajaran inquiry discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran akuntansi khususnya pada materi jurnal umum. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru agar menggunakan model pembelajaran inquiry discovery learning lebih terlihat dalam peningkatan hasil belajar siswa, bagi siswa agar lebih kreatif dan aktif dalam belajar. Kata Kunci : Inquiry Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 17:29
Last Modified: 05 Sep 2016 17:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11489

Actions (login required)

View Item View Item