PEMBELAJARAN MENGONVERSI TEKS NEGOSIASI KE DALAM BENTUK MONOLOG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SEPTIANA MAULUDI, 125030114 (2016) PEMBELAJARAN MENGONVERSI TEKS NEGOSIASI KE DALAM BENTUK MONOLOG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Halaman Sampul.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan tidak dapat dipisahkan untuk pengembangan siswa dalam berpikir. Menulis juga mengungkapkan perasaan dan pikiran dengan cara menghasilkan karya, termasuk mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk monolog. Model inq uiry learning adalah model pembelajaran yang mempersiapkan siswa pada situasi untuk melakukan eksperimen sendiri sehingga dapat berpikir secara kritis untuk mencari dan menemukan jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Sehubungan dengan itu, penuli s tertarik melakukan penelitian pembelajaran mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk monolog dengan menggunakan model inquiry learning pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran 5 SMK Negeri 3 Bandung tahun pelajaran 2015/2016. Rumusan masalah yang pen ulis ajukan adalah (a) M ampukah penulis melak - sanakan kegiatan pembelajaran mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk monolog pada siswa kel as X SMK Negeri 3 Bandung? (b) M ampukah siswa kelas X SMK Negeri 3 Bandung mengonversi teks negosiasi ke dalam bent uk monolog? (c) T epatkah model inquiry learning diterapkan dalam pembelajaran mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk monolog pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Bandung? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (a) P enulis mampu merencanakan pembelajaran men gonversi teks negosiasi ke dalam bentuk monolog dengan menggunakan model inquiry learning pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Bandung. (b) S iswa kelas X SMK Negeri 3 Bandung mampu mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk monolog. (c) M odel inquiry learning e fektif digunakan dalam pembelajaran mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk monolog pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah pre - experimental design (nondesign) dengan teknik penelitian studi pustaka, observ asi, tes dan analisis . Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk monolog dengan menggunakan model inquiry learning pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran 5 SMK Negeri 3 Bandung . Hal ini terbukti dengan hasil penilaian rata - rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3, 62 . Kemampuan p e nulis termasuk kategori sangat baik . 2) siswa kelas X Administrasi Perka ntoran 5 SMK Negeri 3 Bandung mampu mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk monolog dengan menggunakan model inquiry learning . Hal ini terbukti dari hasil nilai rata - rata pretest sebesar 37,1 dan nilai rata - rata posttest 75,53 . Nilai tersebut menunjukan bahwa terjadi peningkatan sebesar 38,45 . 3) Model inquiry learning efektif digunakan dalam pembelajaran mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk monolog . Hal ini, terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung 15 ,13 > t tabel 2,04 pada tingkat kepercayaan 95% taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 29 . Dengan demikian model inquiry learning efektif digunakan dalam pembelajaran mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk monolog . Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa model inquiry learning ini tepat digunakan dalam pembelajaran mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk monolog pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Bandung. Karena dapat melatih siswa untuk meningkatkan cara be lajar menuju belajar lebih baik khususnya pada saat mengonversi teks negosiasi . Kata Kunci : inquiry learning , kaidah, pembelajaran, teks negosiasi, monolog

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 19:23
Last Modified: 05 Sep 2016 19:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11488

Actions (login required)

View Item View Item