PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS SMA NUGRAHA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SOFIA NOVITA DEWI, 125020073 (2016) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS SMA NUGRAHA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I fix.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II fix.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS SMA Nugraha Bandung Tahun Pelajaran 2015/2016, dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan (treatmen) dengan sesudah diberi perlakuan (treatmen) pada saat posttest dan untuk mengetahui apakah model pembelajaran tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Nugraha Bandung. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya adalah model pembelajaran yang diterapkan guru di dalam kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, bentuk desain Quasi Eksperimen yang dipilih adalah Nonequivalent Control Group Design, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 dengan jumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IIS 1 dengan jumlah 37 orang sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil posttest yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 85,81 untuk kelas eksperimen, dan 72,43 untuk kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan di atas didapatkan thitung= 7,619 sedangkan ttabel= 2, 101. Sehingga bila dimasukkan pada rumus hipotesis thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara kelas X IIS 2 yang menggunakan model pembelajaran PBL tipe jigsaw dengan siswa kelas X IIS 1 yang tidak menggunakan model pembelajaran PBL tipe jigsaw. Dari hasil penelitian merekomendasikan pembelajaran dengan model Pembelajaran PBL tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran ekonomi khususnya pada materi system dan alat pembayaran. Kata kunci : PBL (Problem Based Learning), Jigsaw, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 17:28
Last Modified: 05 Sep 2016 17:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11486

Actions (login required)

View Item View Item