PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 18 BANDUNG

Yosep Permana, 125020011 (2016) PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 18 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Skripsi berjudul Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 18 Bandung dengan dilatar belakangi oelh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang didukung dengan masih rendahnya nilai rata-rata dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMA Negeri 18 Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan pada mata pelajaran ekonomi dengan pokok bahasan perpajakan dengan menggunakan teknik pembelajaranGuided Discovery Learning pada kelas eksperimen (XI IIS 4) dan metode pembelajaran konvensional (ceramah) pada kelas kontrol (XI IIS 1). Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian ialah dengan desain serial waktu dengan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan instrumen tes berupa pretest dan posttest yang berupa soal pilihan ganda, daya hipotesis yang berbunyi apabila thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis data bahwa hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning memiliki rata-rata hasil pretest sebesar 38,33 (rendah) sedangkan hasil posttest yaitu sebesar 73,61 (tinggi), sehingga dapat diasumsikan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning mengalami peningkatan. Uji hipotesis penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil adalah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas XI IIS 4 yang menggunakan Teknik Pembelajaran Guided Discovery Learning dengan siswa kelas XI IIS 1 yang hanya menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian merekomendasikan pembelajaran dengan Teknik Pembelajaran Guided Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran ekonomi. Dari perhitungan didapatkan thitung= 15,67 dan ttabel = 2,75. Jadi, apabila dimasukkan rumus hipotesis thitung>ttabel yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada pihak sekolah diharapkan agar lebih meningkatkan penggunaan model pembelajaran, bagi guru supaya lebih meningkatkan cara penggunaan model pembelajaran, serta untuk siswa agar mempunyai dampak positif di dalam pembelajaran dan sebaiknya apabila ingin memperoleh hasil belajar secara maksimal sebelum pembelajaran terlebih dahulu melakukan penelitian lebih lanjut terhadap faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa oleh peneliti selanjutnya selain dari pemberian model pembelajaran Guided Discovery Learning sehingga hasil belajar akan tercapai secara maksimal. Kata Kunci : Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 16:02
Last Modified: 05 Sep 2016 16:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11468

Actions (login required)

View Item View Item