PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PERILAKU WIRAUSAHAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X JURUSAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK SMK NEGERI 4 BANDUNG

N DESI RESMAYANT, 125020093 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PERILAKU WIRAUSAHAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X JURUSAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK SMK NEGERI 4 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Perilaku Wirausahaan pada Peserta Didik Kelas X Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 4 Bandung (Studi kasus pada pembelajaran business plan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap perilaku wirausaha peserta didik kelas X RPL di SMKN 4 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey tingkat eksplanasi asosiatif kausal. Tek nik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dokumentasi dan studi pustaka dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, korelasi, analisis regresi linier sederhana, dan koefisisen determinasi dengan me nggunakan program SPSS 22.0 for windows. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sam p ling kuota yaitu siswa kelas X RPL SMKN 4 Bandung semester II tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 100 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemb elajaran kewirausahaan terhadap perilaku wirausahaan peserta didik. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan program SPSS 22.0 for windows. Hasil olah data terdapat korelasi antara variable X dan variable Y sebesar 0,419 hal tersebut menunjuk an bahwa terjadi hubungan yang rendah antara pembelajaran kewirausa haan terhadap perilaku wirausaha, regresi linier sederhana sebesar Y = 26,083 + 0,468 X, dan koefisien determinasi atau R 2 sebesar 17,5%. Hasil perhitungan rata - rata butir angket pada variable X yaitu sebesar 83,4% yang menunjukkan siswa seuju bahwa pembelajaran kewirausahaan dapat meningkatkan perilaku wirausaha siswa. Hasil rata - rata tiap butir angket pada variable Y sebesar 82,20% yang menunjukkan siswa setuju bahwa indikator perila ku kewirausahaan merupakan salah satu indikator yang dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam berwirausaha. Sebagai akhir penelitian penulis menyampainkan saran kepada guru bidang studi kewirasahaan sebaiknya menerapkan pembelajaran kewirausahaan materi aja r business plan sebagai salah satu alternati f strategi untuk menumbuhkan motivasi dan menggali kreatifitas yang dimiliki peserta didik untuk meningkatkan perilaku wirausaha. Kata K unci: Pembelajaran Kewirausahaan, Perilaku Wirausaha

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 15:57
Last Modified: 05 Sep 2016 15:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11465

Actions (login required)

View Item View Item