PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Bahasan Inflasi Kelas X-12 SMA Pasundan 1 Bandung)

Nurliah Ainun, 125020024 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Bahasan Inflasi Kelas X-12 SMA Pasundan 1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

Dilatar belakangi oleh rendahnya nilai rata-rata siswa yang dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) Bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan mengenai penggunaan metode pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Turnament (TGT),situs penelitian di kelas X-12 sebagai kelas eksperimen dan X-7 sebagai kelas kontrol SMA Pasundan 1 Bandung tahun akademik 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Quasi-Eksperimen dengan desain serial waktu dengan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dengan cara instrument test berupa soal pretest dan post-test berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 soal,daya hipotesis penelitian yang berbunyi apabila thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Hi diterima. Analisis data menggunakan uji validitas,uji reliabilitas,uji normalitas,dan uji homogenitas dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows,serta analisis gain dan uji-t. Hasil pengolahan data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Games Tournament (TGT) berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa sesudah diberikan perlakuan. Dari perhitungan di dapatkan hasil thitung sebesar 18,82 sedangkan ttabel sebesar 2.704,sehingga bila dimasukkan pada rumus hipotesis thitung > ttabel,artinya Ho ditolak dan Hi diterima. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Games Tournament (TGT),hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata pretest 50,79 dan post-test 82,4 . Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada pihak sekolah agar memperhatikan guru dalam menggunakan metode dan model pembelajaran baru,kepada guru agar melakukan perencanaan dan persiapan yang matang dalam menggunakan model pembelajaran agar hasil belajar lebih baik, Pemberian penghargaan kepada siswa dalam upaya peningkatan hasil belajar sebaiknya dalam bentuk konkrit tidak dalam bentuk abstrak sehingga dapat meningkatkan semangat siswa untuk belajar lebih giat,alat dan media pembelajaran yang telah disediakan di sekolah digunakan semaksimal mungkin untuk meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan konsep yang akan disampaikan,lalu kepada para siswa agar lebih bisa berpatisipasi dalam kelancaran kegiatan pembelajaran secara berkelompok dan berperan aktif dalam kelompok,dan kepada peneliti selanjutnya agar melakukan pengembangan penelitian ini dilakukan pada konsep lainnya yang sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT),Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 15:46
Last Modified: 05 Sep 2016 15:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11453

Actions (login required)

View Item View Item