PENERAPANMETODE DRILL AND PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA PASUNDAN 8 BANDUNG (Sub Pokok Bahasan Menganalisis Transaksi dan Mekanisme Debit – Kredit)

ARY PUSPITA SARI, 125020026 (2016) PENERAPANMETODE DRILL AND PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA PASUNDAN 8 BANDUNG (Sub Pokok Bahasan Menganalisis Transaksi dan Mekanisme Debit – Kredit). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Judul Penelitian ini adalah Penerapan Metode Drill and Practice Terhadap Hasil Belajar Kelas XII IPS SMA Pasundan 8 Bandung (Sub Pokok Bahasan Menganalisis Transaksi dan Mekanisme Debit – Kredit) Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi yang didukung dengan masih rendahnya nilai rata-rata dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMA Pasundan 8 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui adakah perbedaan hasil belajar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum melakukan pembelajaran, 2) mengetahui apakah hasil belajar pada kelas eksperimen meningkat lebih baik dari kelas kontrol setelah pembelajaran, 3) mengetahui berapakah persentase peningkatan di kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, bentuk desain quasi eksperimen yang dipilih adalah nonequivalent control group design. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil postest yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 69,35 untuk kelas eksperimen, dan 59,03 untuk kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan diatas didapatkan thitung= 4,565 sedangkan ttabel= 2,045. Sehingga bila dimasukkan pada rumus hipotesis thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas XI IPS 2 yang menggunakan metode pembelajaran drill and practice dengan siswa kelas XI IPS 1 yang tidak menggunakan metode pembelajaran drill and practice. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada sekolah, guru, siswa dan peneliti selanjutnya merekomendasikan metode pembelajaran drill and practice dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran akuntansi. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Drill and Practice, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 15:42
Last Modified: 05 Sep 2016 15:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11434

Actions (login required)

View Item View Item