PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

SINTIA MAHARANI, 125050114 (2016) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

P enelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan juga sikap siswa terhadap matematika. Ini dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu faktor yang dapat mempengaruhinya yaitu tidak adanya minat dan motivas i belajar serta ada siswa yang menganggap matematika adalah pelajaran yang banyak berhitung, penuh rumus dan membosankan . Oleh karena itu, peneliti berupaya menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI agar tercipta suasana pembelajaran yang baru agar suasana belajar tidak membosankan dan pendekatan pembelajaran SAVI merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tuj uan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan k omunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) lebih baik daripada yang menggun akan model pembelajaran biasa. 2) untuk mengetahui sikap siswa terhadap pendekatan pembelajaran Somatic, Audit ory, Visual, Intellectual (SAVI). Penelitian ini dilakukan dalam bentuk metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung tahun pelajaran 2015/2016 pada semester genap dengan pokok bahasan bangun ruang sisi dat ar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan komunikasi matematis dan skala sikap siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pende katan pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) lebih baik daripada siswa yang menggun akan model pembelajaran biasa. 2) sikap siswa positif terhadap pendekatan pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI). Simpulan dari pen elitian ini adalah pendekatan pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) efektif diterapkan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Pasundan 3 Bandung. Saran yang diberikan peneliti yaitu: 1) ketika pelaksanaan pend ekatan pembelajaran SAVI dapat manfaatkan waktu dengan baik; 2) ketika pelaksanaan pembelajaran sebaiknya peneliti membagi siswa dalam berkelompok secara merata . Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Pendekatan Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 15:53
Last Modified: 05 Sep 2016 15:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11429

Actions (login required)

View Item View Item