PENGARUH PENERAPAN SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Survey Pada BUMN Sektor Transportasi dan Pergudangan)

Reza Reynaldi Putra, 124020025 (2016) PENGARUH PENERAPAN SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Survey Pada BUMN Sektor Transportasi dan Pergudangan). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kinerja Perusahaan merupakan syarat utama agar perusahaan dapat terus bertahan dari persaingan yang semakin ketat, dengan kinerja perusahaan yang baik maka bukan hanya profitabilitas yang meningkat. Namun, perekonomian suatu negara pun bisa terangkat. Kinerja perusahaan yang baik tentu haruslah didukung dengan sistem informasi akuntansi yang berkualitas dan didukung dengan sistem informasi akuntansi yang terintegrasi. Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sebuah sistem yang mengintegrasikan berbagai fungsi bisnis utama dan dapat menghasilkan informasi yang berkualitas secara realtime. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) terhadap Kinerja Perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-verifikatif. Jumlah sampel sebanyak 51 orang, yang terdiri dari bagian Keuangan dan IT di BUMN Sektor Transportasi dan Pergudangan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dan wawancara untuk menganalisis penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) terhadap kinerja perusahaan. Penulis menggunakan uji validasi, realibilitas, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji t, dengan bantuan software SPSS for statistic versi 2.3. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) pada BUMN Sektor Transportasi dan Pergudangan dinyatakan sangat baik, dan kinerja perusahaan yang dihasilkan BUMN Sektor Transportasi dan Pergudangan sangat baik. Melalui hasil pengujian hipotesis terbukti bahwa penerapan ERP berpengaruh terhadap kinerja perusahaan yang dihasilkan BUMN Sektor Transportasi dan Pergudangan. Besarnya pengaruh yang diberikan oleh penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) sebesar 65,4% terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan sisanya 34,6% merupakan pengaruh faktor-faktor lain yang tidak diteliti penulis. Kata Kunci : Penerapan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP), dan Kinerja Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2012
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 05 Sep 2016 14:57
Last Modified: 05 Sep 2016 14:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11424

Actions (login required)

View Item View Item