“ PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ” ( Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pembayaran Internasional Kelas XI IPS Di SMA Pasundan 7 Bandung )

WENDI LUKMAN, 125020022 (2016) “ PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ” ( Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pembayaran Internasional Kelas XI IPS Di SMA Pasundan 7 Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRACT.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Metode Problem So l ving Terhadap Hasil Belajar Siswa studi kasus pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan pembayaran internasional kelas XI IPS SMA Pasundan 7 Bandung . Permasalahan dari penelitian ini adalah nilai siswa kelas XI IPS SMA Pasundan 7 Bandung masih banyak yang dibawah KKM yang telah di tentukan khususnya pada matapelajaran ekonomi pokok bahasan pembayaran internasional serta masih kurang bervariasi nya metode pembelajaran yang digunakan dan kurangnya sarana penunjang pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode problem solving terhadap hasil belajar siswa studi kasus pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasa n pembayaran internasional, si tus penelitian di kelas XI IPS SMA Pasundan 7 Bandung tahun akademik 2015/2016 Metode penelitian yang dipergunakan metode asosiatif kausal . Teknik pengu mpulan data dengan cara studi pustaka , ob servasi , angket, dokumentasi . Dalam penelitian ini sampel yang digunakan Sample Jenuh (Sensus), yaitu siswa kelas X I IPS SM A Pasundan 7 Bandung semester 2 yang berjumlah 34 siswa . T eknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, korelasi, analisis regresi linier s ederhana , dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows H asil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode problem solving berpeng aruh terhadap hasil belajar siswa ini di tunjukan dengan hasil olah data koefisien determinasi senilai 0,565 dalam derajat kepercayaan 56,5 % . Kesi mpulan dari penelitian ini yaitu metode pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving dapat dilakukan dengan baik pada mata pelajaran ekonomi , ditunjukan hasil olah da ta angket di peroleh variable X sebesar 83,07% dan variable Y 81,70% , dan hasil belajar siswa kelas X I IPS di SM A P a sundan 7 Bandung menggunakan metode problem solving menun jukkan hasil yang baik. ditunjukan dengan hasil reliabilitas/tingkat kepercayaan siswa terhadap metod e problem solving sebesar 0, 935 yang termasuk ke dalam klasifikasi sangat kuat , dan juga pembelajaran problem solving memberikan pengaruh yang cukup kuat terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi kelas X I IPS dengan perhitungan koefeisien determinasi dan besarnya pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving mencapai 56,5 % dan sisanya 43,5 % dipengaruhi oleh faktor lain . Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada sekolah agar selalu memberi arahan dan saran kepada para gur u ekonomi agar menciptakan suasana belajar yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Kata kunci : Metode Problem Solving , Hasil Belaja r

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2016 14:56
Last Modified: 05 Sep 2016 14:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11418

Actions (login required)

View Item View Item