MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KOPERASI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ST UDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIO

LISTYA SUGIHAT, 125060234 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KOPERASI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ST UDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIO. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I jd.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II1.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan kelas ini dilatar belakangi dengan anggapan bahwa pembelajaran IPS yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan merupakan pembelajaran yang dianggap monoton, dan berdampak pada hasil belajar pada umumnya rendah maka dari itu penilias men gadakan penelitian melalui PTK, dengan rumusan masalah 1) Bagaimana rencana pelaksanaan pembelajaran melalui model Cooperative Learning tipe STAD ( student team achievement division ) untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan koperasi? 2) Bagaimana cara menerapkan model Cooperative Learning tipe STAD( Student team achievement division ) pada peserta didik dalam pokok bahasan koperasi 3) Apakah model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD ( Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan ha sil belajar pada pokok bahasan koperasi. Tujuan umum yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Meningkatkan hasil belajar peserta didik belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi. Penelitian dirancang dan dilaksanakan dal am 2 siklus, yang terdiri dari 4 tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Cangkr ing 04 dengan jumlah 45 orang yang terdiri dari 23 orang laki - laki dan 22 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metoda, o bservasi, catatan lapangan, angket, dan tes. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara deskriftif maupun dengan menggunakan penghitungan statistika. Selama proses penelitian berlangsung, guru dan siswa mengalami perubahan secara bertahap dan meningk at. Keberhasilan pembelajaran yang menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD ( Student Team Achievement Division ) pada pembelajaran ips dengan materi ajar tentang koperasi, dapat diamati dari pemahaman, aktivitas, dan hasil belajar siswa. Dapat terli hat dari h asil penelitian : pada siklus I mendapat 47% siswa yang tuntas dan 53% siswa yang tidak tuntas, kemudian meningkat pada siklus II yaitu 87% siswa tuntas dan 13% Siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil di atas penelitian ini direkomendasikan se bagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran dalam pembelajaran IPS maupun pembelajaran lainnya dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 15:53
Last Modified: 05 Sep 2016 15:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11395

Actions (login required)

View Item View Item