PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP LUMUT

IRVAN KURNIAWAN, 125040133 (2016) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP LUMUT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI IRVAN.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan membandingkan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw dengan metode Ceramah. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub konsep Lumut, sedangkan bagi guru dan sekolah sebagai bahan pertimbangan alternatif untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif dikelas serta dapat meningkatkan mutu lulusan sehingga dapat menciptakan lulusan yang kepeten dan mampu bersaing dengan lulusan dari sekolah lain. Subyek penelitian yaitu kelas VII-C dan VII-E di SMP Nusantara Bandung, subyek siswa masing-masing 24 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan instrumen penelitian berupa soal pre-test dan post-test. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 20 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan pencapaian indikator pembelajaran yang sudah di uji cobakan sebelumnya. Setelah dilakukan pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh dengan hasil perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan uji t dimana t hit 3,13 > 2,68 t tab dan berdasarkan nilai rata-rata antara Cooperative Learning Type Jigsaw yaitu 79 sedangkan metode Ceramah 72,6 pada konsep Lumut di SMP Nusantara Bandung. Dapat ditarik kesimpulan bahwa Cooperative Learning Type Jigsaw berbeda dengan metode ceramah serta Cooperative Learning Type Jigsaw lebih baik dibandingkan metode Ceramah. Berdasarkan Indeks Gain yaitu 0,65 dapat ditarik kesimpulan kembali bahwa peningkatan hasil belajar menggunakan Cooperative Learning Type Jigsaw dengan metode Ceramah termasuk ke dalam kategori sedang. Kata kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw, Metode Ceramah, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 14:19
Last Modified: 05 Sep 2016 14:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11392

Actions (login required)

View Item View Item