PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN C OOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PE MBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi kegiatan ekonomi dalam mema n faatkan sumber daya alam Kelas I V SDN Cimincrang Kota Bandung )

DYAS D AMAYANTI, 125060001 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN C OOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PE MBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi kegiatan ekonomi dalam mema n faatkan sumber daya alam Kelas I V SDN Cimincrang Kota Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi fix NOMER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB II.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar merupakan segala kegiatan yang dilakukan dalam proses interaksi antara guru dan murid dalam rangka mencapa i tujuan belajar. Aktivitas yang dimaksud disini penekanannya adalah pada minat belajar dan hasil belajar siswa. Adapun permasalahan yang terjadi d i a ntaranya keadaan siswa yang kurang menunjukkan minat belajar di dalam proses dan hasil belajar yang m asih b anyak di bawah KKM, siswa masih banyak yang ribut di kelas, selain itu guru hanya menggunakan buku paket sebagai sumber atau media pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan terse but peneliti menggunakan model pembelajaran Cooperative L earning tipe S tudent T eam A chievement D ivision (STAD) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Cimincrang Kota Bandung. Model C ooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat dijadikan salah satu cara untuk mendeskripsikan peren canaan, menyusun langkah pelaksanaan pembelajaran IPS, memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N Cimincrang. Berdasarkan dengan rumusan masalah dan identifikasi masalah bahwa siswa tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan kognitif sa ja akan tetapi afektif dan psikomotornya juga harus dimiliki. Untuk itu dalam penelitian ini peneliti bermaksud ingin meningkatkan minat dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran C ooperative learning tipe Student Team Achievement Division (S TAD) . Berdasarkan pembahasan, ditarik kesimpulan bahwa m enerapkan model C ooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) minat belajar dan h asil belajar siswa meningkat. Pada penilaian hasil belajar (pretes dan postes) nilai rata - rata sik lus I yaitu 54,8 sedangkan siklus II mencapai nilai rata - rata 92. Pada penilaian k elompok nilai rata - rata siklus I yaitu 74 s edangkan siklus II mencapai nilai rata - rata 99. Nilai hasil belajar LKPD nilai rata - rata siklus I jika dipersentase 64% sedangkan p ada siklus II mengalami peningkatan yaitu mencapai nilai rata - rata jika dipersentase 92 %. Kata kunci:,cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) minat, hasil belajar .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:06
Last Modified: 05 Sep 2016 13:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11358

Actions (login required)

View Item View Item